Artikel

Hal Penting Terkait Pembelian Solar Water Heater

Meskipun terkenal dengan harganya yang mahal solar water heater ternyata tetap menjadi peringkat satu untuk pemanas air. Bentuknya yang lebih kokoh dan struktur yang lebih aman untuk digunakan dalam menampung air panas juga menjadi pendukungnya. Terlebih jika memang kebutuhan air panas untuk sehari-hari memang lebih banyak dan merepotkan jika harus memasak terlebih dahulu.

Dengan memanfaatkan tenaga surya sehingga penggunaannya lebih praktis dan siap pakai ketika diperlukan.

Hal-hal penting terkait pembelian solar water heater

  1. Lakukan Perawatan Berkala

Mampu membeli berarti juga memiliki kewajiban untuk merawat pemanas air yang dimiliki. Begitu pun dengan pemanas air yang menggunakan tenaga surya ini ternyata juga harus dirawat dengan cara yang benar. Perawatan dan pengecekan ini wajib dilakukan secara berkala setiap bulannya.

Hal ini bertujuan untuk memantau bagian-bagian dari komponen pemanas air agar selalu berfungsi dengan baik. Salah satu fungsi yang terganggu tentu akan mengganggu komponen fungsi lainnya dalam satu kesatuan.

  1. Pilih Produk dengan Garansi

Hal kedua yang harus diperhatikan dalam memilih pemanas air tenaga surya yang tepat adalah membeli produk dengan adanya garansi. Garansi ini memungkinkan Anda terlepas dari kerugian jika ternyata produk tidak bertahan selama yang sudah dijanjikan. Umumnya garansi ini memiliki waktu kadaluwarsa maksimal 7 tahun setelah pemakaian.

Keuntungan lain yang didapatkan ketika menggunakan produk garansi adalah ketika terjadi kerusakan kecil produknya bisa ditukar atau mendapatkan pelayanan servis gratis.

  1. Utamakan Keamanan dari Produk

Jangan asal dalam memilih pemanas air karena jika produknya tidak memiliki keamanan yang kuat tentu akan membahayakan. Pemilahan produk yang tepat ini juga mempermudah Anda melakukan pencegahan preventif terhadap bencana yang mungkin terjadi. Meskipun terkesan sepele namun kebocoran pada tampungan air panas ini juga menyeramkan jika terjadi.

  1. Cara Penggunaan yang Tepat

Hal keempat yang perlu diketahui dengan jelas adalah mengenai penggunaan dari pemanas air tenaga matahari yang tepat. Jangan asal dalam melakukan pemasangan atau pengoperasiannya karena jika salah juga membuat produknya tidak berfungsi dengan baik. Biasanya setiap produk akan diberikan tata cara penggunaan berupa buku panduan.

Baca dengan baik setiap perintah dan anjuran yang tersedia agar produk yang dimiliki bisa berfungsi sesuai keinginan. Biasanya produk juga dilengkapi dengan nomor CS yang bisa digunakan untuk bertanya mengenai kesulitan penggunaan produknya.

  1. Ruang Penyimpanan Air Panas

Untuk ukuran penyimpanan ini biasanya cukup beragam tergantung dengan kebutuhan air panas yang digunakan sehari-hari. Disarankan untuk menggunakan tampungan besar jika memang kebutuhan air panasnya banyak. Namun bisa menggunakan ukuran kecil jika memang tidak terlalu sering menggunakan air panasnya.

Itulah beberapa hal penting mengenai pembelian solar water heater yang perlu dipahami sebelum membeli.

 

Oleh: intisolar.com