Artikel

Hal Wajib yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakan Pemanas Air Tenaga Matahari

Beberapa tahun belakangan ini penggunaan pemanas air tenaga matahari menjamur di beberapa wilayah. Bukan tanpa alasan, kini air panas sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan air hangat di rumah untuk keluarga.

Dengan memakai pemanas air, maka air hangat bisa digunakan kapan pun tanpa harus repot untuk masak air dahulu. Seandainya Anda ingin memakai pemanas air, ada beberapa hal wajib yang harus Anda ketahui sebelum menggunakannya.

Hal Wajib yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakan Pemanas Air Tenaga Matahari

  1. Ruangan untuk Pemanas Air

Faktor utama yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan pemanas adalah ruangan untuk meletakkan pemanas air. Apabila luas kamar mandi Anda tidak memungkinkan untuk dipasang pemanas air dan Anda juga tidak memiliki ruangan lain yang cukup besar. Ada opsi alternatif lain dengan cara membeli pemanas air dengan ukuran yang lebih ideal dan ramping tetapi mampu menampung jumlah air yang sesuai dengan kebutuhan.

Yang terpenting adalah manfaatkan luas ruang sebaik mungkin karena ukuran pemanas air yang dijual di pasaran saat ini cukup bervariasi. Jadi Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan air hangat di rumah.

  1. Bahan Bakar

Umumnya jenis pemanas yang paling baik digunakan adalah pemanas air tenaga surya. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan pemanas air dengan tenaga surya maka perhatikan kapasitas tanki yang dimiliki oleh pemanas tersebut. Sebab apabila kapasitas tanki yang dimiliki oleh pemanas jauh lebih kecil dari pemakaian di rumah, maka air panas yang dihasilkan tidak akan mencukupi.

Sebenarnya pemanas apa pun yang Anda pilih tak masalah. Asalkan pemanas tersebut memiliki memenuhi kebutuhan penggunanya. Sebab hal tersebut sangat penting untuk mencukupi kebutuhan air hangat di rumah tanpa mengeluarkan banyak biaya.

  1. Cara Menggunakan Pemanas

Sebaiknya ketahui dan pelajari terlebih dahulu secara menyeluruh tentang cara mengoperasikan pemanas air yang baik dan benar. Untuk mendapatkan informasi tersebut bisa bertanya langsung kepada penjual atau membaca buku panduan produk pemanas. Dan jangan ragu untuk bertanya apabila masih ada informasi yang belum dimengerti.

  1. Pastikan Garansi Produk

Garansi produk sangat penting agar Anda memiliki jaminan agar pemanas air tenaga solar tetap prima di masa yang akan datang. Biasanya setiap produk elektronik akan diberikan sebuah kartu garansi, jadi jangan sampai kartu tersebut hilang.

  1. Pastikan Keamanannya

Pemanas air yang aman adalah pemanas yang sudah terpasang dengan sistem keamanan seperti ELCB. Pada penggunaan pemanas air, fitur ELCB sangat penting untuk mengatasi berbagai situasi keadaan darurat seperti bocor atau korsleting. Jadi, agar lebih aman sebaiknya gunakan pemanas air yang sudah dilengkapi dengan fitur ELCB.

Itu tadi hal-hal wajib yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan menggunakan pemanas air tenaga matahari. Apa pun jenis pemanas yang Anda pilih, pastikan pemanas tersebut aman dan mampu memenuhi kebutuhan air hangat di rumah.