Artikel

Hal yang Harus Dilakukan Saat Pilih Water Heater Surya

Pemanas air semakin banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari baik di rumah, apartemen, maupun hotel. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli water heater surya agar tidak salah pilih. Berikut ini tips atau hal yang harus dilakukan.

Enam hal ini wajib dilakukan sebelum membeli water heater surya

  1. Perhatikan Temperatur pada pemanas air

Pemanas air biasa memiliki jenis temperatur yang berbeda-beda yakni temperatur konstan dan temperatur yang berubah-ubah. Jika Anda tidak mau repot dan menunggu lama saat hendak mandi, sebaiknya pilih pemanas air yang memiliki temperatur konstan.

Temperatur konstan bisa menghemat waktu karena alat ini dapat menyesuaikan temperaturnya sendiri sehingga menghasilkan hangat yang pas untuk tubuh. Jadi, Anda bisa langsung mandi tanpa harus menunggu lagi.

  1. Pilih jenis pemanas air yang sesuai dengan kebutuhan

Banyaknya jenis pemanas air yang beredar di pasaran memang kadang membuat bingung hendak memilih yang mana. Namun, jika memiliki rumah dengan konsep hunian ramah lingkungan maka pemanas air tenaga matahari cocok untuk digunakan.

Karena alat pemanas air ini menggunakan energi alami dari matahari maka tidak akan menimbulkan efek yang berbahaya bagi penggunanya. Sehingga dapat membantu mencukupi kebutuhan sehari-hari dengan mudah.

  1. Perhatikan spesifikasi yang terdapat pada pemanas air

Sebelum membeli pemanas air sebaiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara membaca spesifikasi pada alat tersebut. Hal ini penting diperhatikan agar bisa memilih pemanas air yang hemat energi.

Umumnya indikator hemat energi pada pemanas air dilambangkan dengan satuan Energy Factor (EF). Indikator ini berkisar antara 0,5 sampai dengan 2,0 yang artinya semakin tinggi indikator EF maka pemanas air semakin hemat energi.

  1. Pilih pemanas air yang sudah dilengkapi pengaman

Penting untuk diperhatikan agar membeli pemanas air yang sudah dilengkapi alat pengalamannya. Biasanya pemanas air yang aman memiliki safety device, ELCB, dan switch anti kontak yang berada di bagian luar. Pastikan juga pemanas air yang Anda beli tidak mudah korsleting dan cukup aman dari kerusakan lainnya.

  1. Perhatikan kapasitas yang dimiliki pemanas air

Saat membeli pemanas air tenaga solar jangan lupa tanyakan kepada toko terkait berapa kapasitas yang dimiliki oleh alat tersebut. Hal ini penting agar bisa menyesuaikan kebutuhan air di rumah. Bisanya untuk kebutuhan rumah tangga dengan berbagai kegiatan memerlukan 150 liter hingga 250 liter air panas dalam satu hari.

  1. Tanyakanlah biaya pemasangan pemanas air

Tanyakan pada pihak penjual terkait harga sekaligus apakah mereka juga menyediakan tenaga ahli untuk memasangnya. Karena diperlukan keahlian khusus untuk memasang pemanas air agar tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan kerugian.

Disarankan agar memperhatikan beberapa hal sebelum membeli water heater surya mulai dari temperatur, kapasitas, hingga harga pemanas airnya. Jangan sampai menyesal setelah membeli karena lupa tidak melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.