Artikel

Istimewanya Menggunakan Pemanas Air Tenaga Matahari

Cuaca yang dimiliki oleh negara beriklim tropis sangat mendukung untuk penggunaan pemanas air tenaga matahari. Itulah mengapa alat ini cocok digunakan di Indonesia. Pemanfaatan energi matahari yang tidak akan habis menjadikan alat pemanas air jenis tersebut menjadi banyak dipilih oleh masyarakat.

Keistimewaan jika menggunakan pemanas air tenaga matahari

  1. Membantu menangani masalah pemanasan global

Isu pemanasan global memang telah marak diperbincangkan di berbagai belahan dunia. Maka dari itu, hadirnya alat pemanas air bertenaga matahari didukung oleh berbagai pihak karena dianggap mampu berperan mengurangi pemanasan global.

Alat pemanas air yang berasal dari energi matahari tidak menghasilkan karbon dioksida dan polutan lain yang menjadi penyebab pemanasan global. Sehingga pemakaian sumber energi panas alami ini dipercaya ramah lingkungan.

  1. Memakai Teknologi Direct dan In-direct Heating

Produk pemanas air yang banyak digunakan saat ini ternyata telah disesuaikan dengan kondisi iklim di Indonesia. Hal ini terlihat pada rangkaian alatnya terdapat Teknologi direct heating yang tentunya sangat menguntungkan.

Tidak hanya itu, produk lain seperti pemanas air tenaga solar juga telah dilengkapi dengan teknologi in-direct heating. Artinya, panas dari energi matahari akan menjadikan air panas kembali di dalam tangki. Sehingga tidak perlu lama menunggu untuk mendapatkan air.

  1. Bisa dirawat dengan mudah

Alat pemanas air ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan perawatan karena bagian luar tangkinya sudah didesain tahan cuaca. Alat tersebut bisa tahan terhadap cuaca karena bagian luarnya terbuat dari besi dan telah diberi cat pelindung.

Sebab itu, cat pada tangkinya tidak mudah mengelupas dan kondisi alatnya tetap terjaga dengan baik. Jadi, tidak perlu khawatir dengan kualitas produknya karena sudah terjamin awet. Selain awet, penggunaan alat ini juga terbilang aman bagi pengguna dan tidak menimbulkan dampak negatif pada lingkungan sekitarnya.

  1. Tidak menguras isi dompet

Pemakaian alat pemanas air tenaga surya yang tidak menggunakan energi listrik ini otomatis tidak menambah beban pengeluaran. Energi bisa didapat dari matahari sebagai sumber energi utamanya secara gratis dan mudah.

Sehingga biaya yang semula dipakai untuk membayar tagihan listrik yang membludak bisa dialihkan untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya. Banyak orang meyakini bahwa memakai pemanas air bertenaga surya terbukti lebih irit.

  1. Menyediakan kapasitas yang beragam

Pemanas air bertenaga matahari memiliki kapasitas yang bervariasi yang dapat dipilih oleh konsumen. Adapun kapasitas yang tersedia adalah kapasitas 100 liter, 150 liter, 200 liter, 250 liter, dan 300 liter.

Dengan adanya pilihan kapasitas tersebut konsumen dapat menyeimbangi kebutuhan air panas mereka setiap hari dengan kapasitas yang ditawarkan oleh alat.

Pemanas air tenaga matahari menjadi salah satu produk yang patut diunggulkan, mengingat keuntungan yang dimilikinya memberikan kemudahan mendapatkan air hangat. Serta tidak sulit untuk melakukan perawatan yang rutin terhadap alat pemanas air tersebut.