Artikel

Jenis-jenis Pemanas Air Tenaga Surya untuk Kamar Mandi

Salah satu cara menjaga kesehatan yang paling alami adalah mandi menggunakan air hangat dari pemanas air tenaga surya. Jika Anda berencana membeli pemanas untuk kamar mandi, sebaiknya kenali terlebih dahulu beberapa jenis pemanas yang dijual di pasaran. Dengan begitu Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan mandi air panas di rumah.

Jenis-jenis pemanas air tenaga surya kamar mandi

  1. Pemanas Air Aircon

Pemanas air aircon adalah jenis pemanas yang memanfaatkan panas dari kompresor AC, yakni freon. Apabila freon menghasilkan suhu panas tinggi, di saat itulah pemanas akan berfungsi. Jika menggunakan jenis pemanas aircon maka Anda akan mendapatkan dua keuntungan, yakni air panas dan rumah yang sejuk.

Hanya saja, untuk menggunakan pemanas jenis aircon Anda harus merakitnya terlebih dahulu karena pemanas jenis ini belum dipasarkan. Bahkan harga untuk merakit pemanas aircon terbilang cukup mahal, itulah sebabnya pemanas ini jarang digunakan.

  1. Solar Water Heater

Sesuai dengan namanya, water heater solar merupakan jenis pemanas yang menggunakan energi matahari atau surya panel. Penggunaan tangki yang terbilang cukup besar membuat pemanas ini sangat cocok digunakan untuk keluarga.

Apabila tidak ada panas matahari, water ini solar akan bekerja dengan cara menggunakan energi cadangan elektrik heater. Untuk harga jenis pemanas ini terbilang cukup mahal, tapi untuk cara merawatnya terbilang sangat mudah karena tidak memerlukan perawatan khusus.

  1. Pemanas Air Elektrik

Di pasaran pemanas air elektrik dijual dengan dua varian, yakni tanpa tangki dan menggunakan tangki. Untuk sumber energi utama memanaskan air menggunakan energi listrik. Umumnya jenis pemanas air elektrik menggunakan tangki jauh lebih mahal dibandingkan tanpa tangki.

Tapi hal tersebut disesuaikan dengan kapasitas tangki yang akan dipilih. Selain mahal, biasanya juga menggunakan daya yang lebih banyak dibandingkan varian tangki. Berbeda dengan jenis pemanas air tanpa tangki yang hanya menggunakan daya 300 Watt.

  1. Pemanas Air Heatpump

Pemanas air heatpum sering juga disebut dengan pemanas air kalor. Hampir sama dengan pemanas air aircon karena mengandalkan suhu freon tinggi sebagai sumber energi utama. Tetapi perbedaannya adalah pemanas air heatpump masih menggunakan energi listrik untuk menjalankan kompresornya.

Pada penggunaan pemanas air kamar mandi, pemanas jenis heatpump merupakan pilihan yang tepat.

  1. Pemanas Air Portable

Berbeda dengan pemanas air tenaga matahari pada umumnya. Pemanas air portable merupakan jenis pemanas yang bisa dibawa ke mana-mana. Menggunakan energi listrik sebagai sumber energi utama, bentuk pemanas ini lebih compact dari jenis pemanas lain.

Bahkan cara kerjanya pun terbilang cukup mudah karena hanya dengan mencelupkan komponen pemanas ke dalam ember air. Selain mudah, pemanas air portable juga jauh lebih murah dari jenis pemanas yang lain.

Demikian tadi beberapa jenis pemanas air tenaga surya untuk kamar mandi yang bisa Anda jadikan pilihan. Apa pun pilihannya, pilihlah jenis pemanas yang sesuai dengan kebutuhan keluarga di rumah.