Artikel

Jenis Minuman Herbal Yang Bisa Dibuat Dengan Water Heater Matahari

Saat musim hujan tiba tubuh membutuhkan minuman herbal agar daya tahan tetap terjaga dan tubuh menjadi lebih hangat. Ada beberapa pilihan minuman herbal yang bisa Anda buat di rumah. Tentunya semakin praktis dan mudah apabila Anda menggunakan air hangat yang diambil dari water heater matahari.

Jenis Minuman Herbal Yang Bisa Dibuat Dengan Water Heater Matahari

  1. Wedang Uwuh

Wedang uwuh adalah jenis minuman herbal yang kaya akan rempah-rempah. Ada banyak sekali rempah-rempah yang digunakan, semuanya dimasukkan ke dalam satu wadah hingga mirip seperti sampah.

Karena dibuat dari banyak rempah-rempah, wedang uwuh memiliki khasiat tinggi untuk kesehatan. Tak hanya itu, aroma rempah yang kuat juga akan memberikan relaksasi yang menenangkan bagi siapa pun yang meminumnya.

  1. Bandrek

Salah satu minuman herbal yang cukup terkenal adalah bandrek. Bandrek sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin untuk menghangatkan tubuh. Citarasa dari bandrek pun terbilang sangat unik karena terbuat dari campuran jahe merah, sereh, cengkeh, dan kayu manis.

Jika Anda ingin membuat bandrek di rumah, cukup sediakan bahan tersebut dan segelas air hangat yang diambil dari pemanas air tenaga solar. Jangan lupa untuk menambahkan susu untuk menambah citarasa bandrek.

  1. Teh Herbal

Ada banyak sekali jenis teh herbal yang bisa Anda minum. Setiap jenis teh herbal pastinya memiliki manfaat yang berbeda-beda. Contoh teh herbal yang paling banyak dikonsumsi adalah teh jahe, teh hijau, teh mawar, teh chamomile, dan lainnya. Teh herbal tentunya bisa dikonsumsi tiap hari untuk menggantikan teh hitam agar lebih sehat.

  1. Chai Tea

Sering disebut sebagai tehnya India, chai tea terbuat dari berbagai macam rempah yang baik untuk kesehatan. Memiliki citarasa yang creamy, pedas sekaligus manis chai tea sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin.

Untuk membuat chai tea pun sangat mudah, cukup siapkan segelas susu murni, teh, dan aneka rempah seperti cengkeh, kapulaga, dan kayu manis. Siapkan juga sedikit air hangat yang diambil dari pemanas air tenaga surya lalu campurkan semuanya sampai rata.

  1. Air Lemon

Salah satu minuman hangat tersimple dan memiliki banyak manfaat adalah air lemon hangat. Air lemon diketahui mampu menurunkan risiko sakit jantung dan menghilangkan racun di tubuh. Tak hanya itu, lemon yang kaya akan vitamin C juga bisa memperkuat sistem imun serta menyehatkan kulit.

  1. Susu Kunyit

Susu kunyit adalah minuman yang kaya akan antioksidan, anti virus, serta anti inflamasi. Susu kunyit bermanfaat bagi para penderita diabetes, baik untuk tulang dan kulit, sekaligus kesehatan jantung.

Itu tadi beberapa pilihan minuman herbal yang bisa Anda buat saat cuaca sedang dingin. Agar lebih praktis cukup gunakan solar water heater, dengan begitu Anda tidak perlu lagi repot-repot memasak air untuk menyiapkan segelas minuman herbal pada saat cuaca sedang dingin.