Artikel

Jenis Pipa yang Cocok untuk Pemanas Air Tenaga Solar

Sebelum membeli pemanas air tenaga solar sebaiknya perhatikan kondisi bangunan yang hendak dipasangkan alat tersebut. Pemilihan pipa juga penting diperhatikan agar sesuai dengan pemanas air dan mendapatkan kualitas pipa yang bagus.

Jenis pipa yang cocok untuk pemanas air tenaga solar

  1. Pompa dalam

Sesuai dengan namanya, pipa ini mampu menyedot air hingga jauh sampai kedalaman lebih dari sembilan meter. Jet injector yang melengkapi pipa ini membuatnya sanggup untuk menahan tekanan air yang dihisap oleh pipa meski sangat dalam.

Ada dua jenis pompa dalam yang beredar di pasaran yaitu pompa semi jet dan pompa het. Pompa dalam jenis pompa semi jet tidak memiliki tabung pada pipa, sedangkan pompa jet memiliki tabung. Umumnya pompa ini sering dipakai untuk ruko, kantor, restoran, dan perumahan.

  1. Pompa dangkal

Pompa dangkal hanya memiliki daya hisap maksimal 9 meter sehingga pompa hanya digunakan untuk menyediakan pasokan air dalam jumlah kecil. Adapun area yang bisa menggunakan pompa dangkal adalah sumber air yang memiliki kedalaman 5-9 meter.

Banyak orang yang menggunakan pompa ini hanya sebagai pompa pendorong agar aliran air lebih kencang. Sehingga tidak cocok jika dipakai untuk perumahan atau industri yang memerlukan air hangat dalam jumlah yang banyak.

  1. Pompa celup

Sesuai dengan namanya, pompa ini memiliki cara kerja dengan menyelupkannya ke dalam solar water heater. Pompa jenis ini biasanya digunakan untuk pemanas air di akuarium agar ikan terhindar dari penyakit dan tidak mati.

Pompa celup juga sering digunakan untuk menguras air dari air akuarium, kolam ikan dan kolam renang. Serta menguras air dari area lain yang memiliki kedalaman tidak lebih dari 5 meter.

  1. Pompa booster

Pomba booster adalah pompa yang sering digunakan untuk rumah yang digunakan untuk mendorong tekanan air agar air mengalir lebih deras. Pompa ini dipasang dengan tujuan supaya pasokan air konsisten dan stabil.

Umumnya pompa pendorong seperti ini dipasang melalui pipa instalasi menuju ke arah keran tempat penampungan air. Dengan cara ini air hangat di rumah akan selalu lancar dan tidak ada kendala saat dialirkan.

  1. Pompa Sentrifugal

Jenis pompa yang terakhir adalah pompa sentrifugal yang sering dipakai oleh para kontraktor karena pompa ini pemasangannya sangat mudah. Suara yang dihasilkan pompa pemanas air tenaga matahari ini saat pemakaian juga tidak bising dan perawatannya pun tidak mahal.

Sistem kerja pada pompa ini ialah dengan mengubah energi mekanik yang ada menjadi energi kinetik saat beroperasi. Selanjutnya energi tersebut akan diarahkan menjadi sebuah tekanan hingga dapat mengalirkan air.

Saat memasang pemanas air tenaga solar juga diperlukan pipa yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, pilihlah pipa yang memiliki kemampuan menghisap air sesuai dengan kedalamannya sumber airnya masing-masing.