Artikel

Keistimewaan Water Heater Solar untuk Bisnis Homestay

Kemajuan teknologi semakin berkembang pesat terlihat dari adanya water heater solar sebagai pemanas air canggih yang banyak diminati oleh masyarakat. Keberadaan alat pemanas ini memberi keuntungan di berbagai sektor, termasuk bisnis homestay.

Keistimewaan water heater solar untuk bisnis homestay

  1. Umur pemakaian yang lebih lama

Jika dibandingkan dengan jenis alat pemanas air lainnya, pemanas air yang bersumber dari tenaga solar memang lebih awet. Instalasi pemanas air tersebut juga tidak serumit seperti pada pemanas air yang lain.

Sektor bisnis homestay dinilai cocok menggunakan pemanas air bertenaga solar karena memiliki kapasitas pemakaian air panas yang banyak. Sebab itu, membutuhkan pemanas air yang memiliki keawetan tahan lama.

  1. Terbukti lebih ekonomis

Pemasangan pemanas air solar memang mengeluarkan biaya yang cukup banyak di awal. Namun setelahnya, pemanas air ini lebih ekonomis dibanding pemanas konvensional atau pun pemanas air yang bersumber dari listrik.

Pemanas air tenaga surya dinilai lebih ekonomis karena alat tidak menyebabkan tagihan listrik membengkak dan tidak memiliki biaya bulanan. Biaya operasional pemanas air surya dianggap lebih ekonomis karena pemanas ini menggunakan energi matahari yang bisa diperoleh secara cuma-cuma.

  1. Hemat sumber daya

Berbeda dengan jenis pemanas air lainnya, pemanas air tenaga bertenaga surya memang bisa menghemat sumber daya. Hal tersebut karena pemanas air ini menjadikan matahari sebagai sumber kekuatan utamanya yang juga bisa digunakan tanpa biaya.

Sumber daya matahari yang digunakan alat pemanas air ini tidak akan habis sehingga kelak tetap bisa dinikmati oleh generasi penerus. Tentu saja hal ini berbeda dengan pemanas air yang menggunakan sumber daya yang tidak bisa diperbaharui.

  1. Tidak mencemari lingkungan

Bisnis homestay tentu harus memiliki tingkat kebersihan yang tinggi, tidak boleh ada kotoran di berbagai area apalagi sampai terjadi pencemaran lingkungan. Karena kebersihan akan berpengaruh terhadap penilaian pengunjung dan banyaknya tamu yang menginap.

  1. Pemanas air yang ramah lingkungan

Meski homestay sejatinya memang bersifat komersil, tetapi bukan berarti tidak peduli dengan kebersihan dan keamanan lingkungan. Apalagi jika pemilik homestay seorang yang peduli dengan isu pemanasan global.

  1. Menyuplai kebutuhan tamu dengan mudah

Pemanas air tenaga matahari sangat berperan dalam memudahkan penyaluran air hangat ke kamar-kamar tamu di homestay. Untuk itu, adanya pemanas air tersebut bisa memudahkan mereka dan menambah kenyamanan fasilitas pengunjung.

Adanya fasilitas yang lengkap bisa menjadikan homestay memiliki reputasi yang baik dan semakin banyak tamu baru yang menginap. Bahkan ada pula tamu yang kembali lagi berkunjung jika mereka merasa cocok berada di homestay tersebut.

Bagi pengelola homestay, keberadaan water heater solar sangat berperan penting. Alat ini memberi kemudahan untuk para tamu yang membutuhkan air panas saat menginap. Sehingga pemanas air tersebut memiliki keistimewaan sendiri untuk di homestay.