Artikel

Keuntungan Menggunakan Solar Water Heater Yang Sangat Efisien

Menggunakan solar water heater dalam kehidupan sehari-hari memberikan banyak keuntungan dari segi ekonomi maupun efisiensi waktu. Tentu saja keuntungan ini akan didapat jika dibandingkan dengan memakai alat pemanas air lain.

Keuntungan Menggunakan Solar Water Heater Yang Sangat Efisien

  1. Memudahkan untuk mendapat air hangat

Mandi dengan air hangat sangat dibutuhkan saat cuaca sedang dingin. Mendapatkan air hangat dengan mudah tentu menjadi kesenangan tersendiri karena tidak perlu repot merebus air dengan kompor terlebih dahulu.

Apalagi jika Anda memiliki anak kecil yang selalu ingin dimandikan dengan air hangat, maka memiliki alat pemanas air sangat membantu. Tidak perlu bolak balik menyiapkan wadah air panas ataupun mengira-ngira campuran antara air panas dan air dingin yang pas.

  1. Lebih hemat

Jika sebelumnya mendapatkan air panas perlu merebusnya terlebih dahulu, maka bisa dibayangkan seberapa banyak dan seringnya biaya yang dikeluarkan. Namun, ketika sudah menggunakan pemanas air tenaga surya tentu biayanya akan lebih murah.

  1. Aman dari jangkauan anak-anak

Saat merebus air untuk mendapatkan air panas tentu akan memiliki risiko kemungkinan air itu akan tumpah. Terlebih apabila tempat perebusan air mudah dijangkau oleh anak-anak, maka akan sedikit mengerikan jika terkena.

Namun, dengan menggunakan alat pemanas air tersebut bisa lebih aman karena tidak perlu takut lagi air panas akan tumpah sewaktu-waktu. Anak-anak bisa bebas bermain tanpa khawatir terkena air panas yang sedang direbus.

  1. Lebih cepat mendapatkan air panas

Jika biasanya untuk mendapatkan air panas harus menunggu beberapa waktu sampai air mendidih, maka dengan water heater tidak perlu menunggu lama. Hal ini karena semakin besar watt yang digunakan, maka semakin cepat pula air akan menjadi panas.

Lama atau sebentarnya air menjadi panas bergantung pada tingginya watt yang dimiliki. Sehingga jika ingin cepat memanaskan air pakailah watt yang besar.

  1. Memiliki daya tahan yang lebih awet

Pemanas air tenaga solar memiliki umur pemakaian yang lebih awet dan bisa dipakai dalam waktu yang lama. Anda tidak perlu sering-sering mengganti alat pemanas air tersebut karena dengan sekali pasang, air panas sudah bisa digunakan.

Hanya saja mungkin diperlukan cara perawatan yang tepat saat pemakaiannya agar tidak mudah cepat rusak. Pada umumnya pemanas air solar ini mampu betahan lebih dari 10 tahun.

Keberadaan pemanas air sangat membantu mempermudah memenuhi keperluan manusia dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk mandi dan konsumsi. Menggunakan water heater pun mempunyai keuntungan yang lebih banyak dari pada merebus air dengan cara biasa.

Terutama dalam hal efisiensi waktu dan tenaga karena pemanasan sudah dilakukan sejak awal. Dengan demikian kita langsung bisa menggunakannya tanpa harus menunggu airnya menjadi panas dulu. Tinggal ambil air panasnya dari solar water heater dan langsung digunakan.