Artikel

Keuntungan Penggunaan Pemanas Air Solar di Sektor Restoran

Penggunaan pemanas air solar tidak hanya diperuntukkan untuk rumah tangga, rumah sakit, atau hotel saja, tetapi juga untuk restoran. Banyak pengelola restoran yang saat ini memanfaatkan teknologi pemanas air bertenaga solar untuk segala aktivitasnya.

Keuntungan penggunaan pemanas air solar di sektor restoran

  1. Dapat menyuplai air panas secara berkala

Banyaknya aktivitas yang ada di restoran mengharuskan air panas selalu ada setiap kali dibutuhkah. Sehingga dengan menggunakan pemanas air yang bersumber dari tenaga solar, ketersediaan air panas akan selalu ada.

Air panas sangat berperan penting karena air tersebut digunakan untuk membuat minuman, memasak, membersihkan peralatan dan keperluan lainnya. Pemanas air ini mampu untuk digunakan dalam kapasitas yang banyak.

  1. Bisa digunakan dengan aman

Pemanas air yang bertenaga surya tidak menggunakan komponen yang berisiko tinggi atau pun instalasi yang rumit seperti pemanas air lainnya. Oleh karena itu, penggunaan pemanas air jenis ini banyak dipilih oleh pengelola restoran.

Pemanas air surya ini dinilai aman meskipun adanya sistem shift yang menjadikan karyawan silih berganti datang ke restoran. Alat ini juga tidak akan mengalami korsleting seperti pada pemanas air listrik apabila terlalu sering digunakan.

  1. Mendapatkan air panas yang optimal

Keuntungan lain apabila menggunakan jenis pemanas air bertenaga solar adalah air suhu tinggi bisa didapatkan dengan cepat. Air bersuhu tinggi yang dihasilkan oleh pemanas air ini lebih optimal jika dibandingkan dengan hasil pemanas air yang lain.

  1. Mengeluarkan biaya perawatan yang lebih murah

Banyaknya toko atau penyedia jasa perawatan pemanas air menjadikan para pengguna solar water semakin mudah untuk merawat alat mereka. Bahkan ada pula yang bersedia dipanggil hanya via telepon, sehingga Anda tidak perlu datang ke tempat untuk meminta bantuan.

Komponen-komponennya yang mudah dijumpai juga menjadikan biaya perawatan pemanas air ini lebih mudah dan murah. Namun meskipun banyak jasa servis yang tersedia, jenis pemanas air ini dinilai memiliki tingkat keawetan yang tinggi.

  1. Menghemat pengeluaran

Aktivitas yang tinggi di dalam restoran tentu membuat pemakaian air panas juga tinggi. Akan tetapi, hal itu tidak berdampak pada keuangan restoran karena pemanas air matahari tidak membebani tagihan listrik.

Tidak hanya itu, penggunaan jenis pemanas air ini tidak menyebabkan adanya biaya tagihan bulanan. Biaya yang dikeluarkan hanyalah ketika pertama kali melakukan pemasangan pemanas air tersebut.

  1. Memiliki lebih bendung lama

Keuntungan lain dari penggunaan pemanas air jenis ini adalah masa lebih bendung lama jika dibandingkan dengan pemanas air dengan energi lain. Tentu hal ini juga tidak terlepas dari bagaimana cara Anda merawat pemanas air tersebut.

Ternyata banyak sekali keuntungan yang didapat apabila menggunakan pemanas air solar untuk restoran. Apalagi pemanas air jenis ini tidak menimbulkan polusi dan kotoran karena merupakan pemanas air yang ramah lingkungan.