Artikel

Manfaat Campuran Kayu Secang dan Air Panas Water Heater Matahari

Penggunaan air panas dengan kayu secang ternyata bisa memberikan manfaat yang bagus untuk kesehatan. Beberapa orang mungkin masih tidak mengetahui mengenai kayu secang. Kayu jenis ini ternyata sudah banyak dikenal orang sebagai minuman herbal yang dicampur dengan rempah lainnya. Kebanyakan akan disebut dengan wedang uwuh. Kayu ini memiliki manfaat yang cukup bagus untuk kesehatan Anda seperti berikut.

Manfaat Air Panas Water Heater Matahari Dan Kayu Secang

1. Mengontrol dan menurunkan diabetes

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa kandungan dari kayu secang akan bermanfaat untuk membantu mengontrol dan menurunkan gula darah. Hal ini tentunya sangat bagus untuk membantu mencegah terjadinya resistensi insulin dan risiko terkena diabetes tipe 2 juga lebih turun. Akan tetapi tetap ada penelitian lebih lanjut yang diperlukan untuk mengetahui apakah cukup efektif atau tidak.

2. Mencegah sel rusak

Manfaat yang kedua adalah membantu mencegah agar tidak terjadi kerusakan sel. Dalam kayu secang akan mengandung antioksidan seperti brazilin, polifenol dan flavonoid. Adanya kandungan antioksidan tersebut akan berguna untuk membantu mencegah kerusakan sel pada tubuh.

Bahkan kandungan antioksidannya juga bisa membantu untuk menurunkan resiko pada penyakit tertentu seperti kanker dan diabetes tipe 2. Oleh karena itu coba gunakan kayu secang yang dicelup dengan air panas pemanas air tenaga surya. Gunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat minuman rempah lainnya.

3. Menghentikan diare

Kayu secang bisa dimanfaatkan secara tradisional untuk mengobati diare. Kebanyakan akan diolah atau dikonsumsi dalam bentuk jamu atau teh herbal. Selain itu mengonsumsi kayu secang yang sudah diseduh juga bisa membantu tubuh memenuhi kebutuhan cairan. Hal ini sangat penting untuk membantu agar tubuh tidak dehidrasi.

Akan tetapi penggunaan kayu secang untuk obat diare ini masih perlu diteliti kembali. Oleh karenanya lebih baik jika Anda mengalami diare, akan lebih baik berobat pada dokter.

4. Pertumbuhan sel kanker yang terhambat

Dalam kayu secang mengandung zat yang bersifat anti kanker dan antioksidan. Adanya kandungan tersebut akan bagus untuk menghambat sel kanker agar tidak tumbuh. Contohnya adalah yang ada pada kanker payudara. Walaupun begitu masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut lagi.

Untuk tetap menurunkan risiko terkena kanker, coba untuk menyeduh kayu secang dengan air panas pemanas air tenaga solar. Selain itu jangan lupa untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat. Seperti tidak merokok, mengurangi stress, makan bergizi.

5. Mengatasi jerawat

Jika Anda memiliki jerawat, maka kayu secang ini bisa dicoba untuk meredakan gejalanya. Kandungan pada kayu secang ini memiliki sifat antibakteri sehingga dianggap mampu meredakan gejala pada jerawat yang meradang. Coba untuk merendam kayu secang pada air panas water heater matahari dan gunakan airnya untuk membasuh wajah.

Untuk air panasnya Anda bisa menggunakan produk Intisolar yang sudah terjamin dan terbukti kualitasnya.

 

Oleh: intisolar.com