Artikel

Manfaat Cuci Piring Dengan Pemanas Air Tenaga Matahari

Mencuci piring dengan air panas dari pemanas air tenaga matahari bisa menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan piring dengan baik. Mencuci piring biasanya menjadi salah satu kegiatan yang tidak banyak disukai orang-orang.

Selain karena harus basah, mencuci piring juga bisa membuat telapak tangan menjadi keriput dan juga gatal jika sensitif dengan sabun yang digunakan. Belum lagi terkadang ada juga peralatan dapur yang sulit dibersihkan karena berbagai macam kotoran membandel yang menempel seperti minyak, bekas bumbu hingga gosong.

Namun Anda tidak perlu repot karena membersihkan peralatan dapur yang sulit dengan sabun biasa tetap bisa dibersihkan dengan menggunakan air panas. Air panas tersebut akan lebih mudah untuk merontokkan kotoran yang ada pada panci, wajan, gelas dan juga piring. Jadi Anda juga akan lebih mudah dalam membersihkannya.

Manfaat mencuci piring dengan air panas dari pemanas air tenaga matahari

  1. Piring akan lebih cepat kering

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan adalah piring yang Anda cuci akan lebih cepat untuk kering. Hal ini juga hampir sama dengan mencuci tangan menggunakan air panas dari solar water heater yang lebih cepat kering daripada menggunakan air dingin. Hal ini dikarenakan minyak yang menempel pada telapak tangan akan lebih cepat hilang jika dicuci dengan air panas. Begitu juga jika Anda menggunakan air panas untuk mencuci piring.

Saat Anda mencuci piring dengan air panas, maka piring akan menjadi lebih cepat untuk kering. Hal ini tentunya bagus untuk membantu agar tidak terjadi pertumbuhan bakteri karena piring yang masih basah. Selain itu Anda juga tidak perlu mengeringkannya dengan lap kering karena lebih cepat untuk kering dengan sendirinya.

  1. Membantu menghilangkan noda minyak

Manfaat yang selanjutnya adalah air panas dari pemanas air tenaga solar bisa berguna untuk membantu menghilangkan minyak pada piring. Biasanya hal ini sering terjadi pada Anda yang memasak hidangan berminyak seperti opor atau gorengan.

Tips untuk menghilangkan minyak yang bisa Anda lakukan adalah dengan merendam piring dan alat makan dengan air panas. Akan lebih baik jika air panas yang digunakan adalah yang mendidih. Diamkan terlebih dulu selama 1 hingga 2 jam untuk selanjutnya bisa Anda bilas dengan air biasa.

  1. Membunuh bakteri

Manfaat yang penting dari penggunaan air panas untuk mencuci piring adalah membantu membunuh bakteri pada piring. Kuman atau bakteri yang ada pada piring bisa berkembang dalam waktu dua jam saja.

Untuk mengatasi hal tersebut maka mencuci piring dengan air panas dari pemanas air tenaga matahari adalah solusi yang tepat. Apalagi air panas biasanya efektif membunuh banyak bakteri dan kuman yang menempel. Semoga bermanfaat.

 

Oleh: intisolar.com