Artikel

Manfaat dan Cara Bersihkan Air Fryer Dengan Solar water heater

Solar water heater adalah merupakan alat efektif untuk menghasilkan air panas melalui tenaga matahari secara cepat. Salah satu kegunaan air hangat adalah untuk membersihkan air fryer yang kalian miliki di rumah. Air fryer merupakan salah satu alat wajib yang harus kalian miliki di rumah untuk menggoreng yang saat ini tengah popular.

Air fryer memiliki banyak manfaat, antara lain: mengurangi waktu masak yang cenderung lama, mengurangi zat bahaya yang ada pada makanan dan membuat makanan lebih bersih dan sehat. Oleh karena itu sangat cocok untuk kalian yang sedang menjalani program diet. Namun kalian juga perlu memerhatikan langkah untuk membersihkan air fryer.

Manfaat solar water heater untuk membersihkan air fryer

Air fryer memang memiliki banyak manfaat namun kalian juga perlu memerhatikan kekurangan yang dimiliki oleh air fryer. Kekurangan tersebut, yakni: kapasitas aliran watt yang cenderung besar. Sehingga kalian harus mematikan segala peralatan elektronik jika kalian memiliki muatan watt yang kecil.

Berikut tips untuk membersihkan air fryer yang bisa kalian lakukan di rumah:

  1. Sebelum membersihkan air fryer ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni: pastikan kalian tidak menggunakan perlatan yang terbuat dari bahan logam, spons yang terlalu kasar bahkan sikat yang terbuat dari kawat. Hal tersebut dapat merisak lapisan air fryer yang anti lengket.
  2. Tidak diperbolehkan untuk merendam air fyer menggunakan air, dikarenakan dapat merusak dan listrik menjadi eror.
  3. Jika kalian mencium aroma tidak sedap dari air fryer, kalian dapat meletakkan irisan lemon pada bagian dalam air fryer selama 30 menit kemudian bilas dengan air.

Pada umumnya air fryer dibersihkan dalam jangka waktu 2 minggu-1 bulan sekali, berikut cara untuk membersihkan air fryer dengan memperhatikan tips di atas:

  • Persiapkan alat dan bahan, yakni: lap kering, air hangat dari pemanas air tenaga matahari, cairan pencuci piring.
  • Lalu kalian dapat mencabut stop kontak yang menempel pada air fryer, kemudian diamkan hingga 1 jam sampai dalam keadaan dingin.
  • Ketiga, kalian dapat mengelap bagian luar menggunakan lap yang telah dicelupkan dalam air.
  • Selanjutnya kalian dapat mencuci panci menggunakan air panas yang didapatkan dari pemanas air tenaga surya beserta cairan pencuci piring.
  • Selanjutnya kalian dapat mengeringkan menggunakan lap sebelum dimasukkan kembali. Untuk peralatan yang tidak mengandung air fryer kalian busa mencuci menggunakan cairan pencuci piring seperti biasa.
  • Terakhir penggoreng udara yang terletak pada bagian dalam dapat kalian bersihkan menggunakan lap atau spons yang telah dicelupkan dalam air hangat. Setelah seluruh bagian air fryer kering dan bersih. Kalian dapat menyimpannya dan siap untuk digunakan kembali.

Demikian cara atau langkah yang bisa kalian lakukan dirumah untuk membersihkan air fryer dengan air hangat yang didapatkan dari solar water heater.

 

Oleh: intisolar.com