Artikel

Pool Therapy Menggunakan Pemanas Air Tenaga Surya

Pemanas air tenaga surya dapat digunakan sebagai pool therapy sebagai medianya. Lantas apakah pool therapy? Merupakan media yang menggunakan air hangat untuk berendam.

Manfaat pool therapy dari pemanas air tenaga surya

  1. Terapi Untuk Mengatasi Persendian

Penderita persendian sangat dianjurkan untuk melakukan pool therapy. Dengan melakukan terapi air hangat, nyeri persendian menjadi reda. Penyebabnya adalah terdapat daya apung saat melakukan terapi sehingga bobot pada tubuh menjadi turun. Dengan demikian,  tekanan pada sendi berkurang dan tubuh menjadi sehat.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat yang akan diperoleh ketika sering menerapkan pool therapy, yaitu  dapat melancarkan peredaran darah.  Air hangat sangat berguna dalam melebarkan pembuluh yang ada pada darah. Dengan demikian, sel jaringan dapat menerima sejumlah pasokan nutrisi yang berlebih. Tubuh menjadi terhindar dari risiko terjadinya penyumbatan.

  1. Relaksasi  pada otot

Manfaat lain yang dimiliki dari terapi air hangat adalah dapat untuk relaksasi tubuh dan melemaskan otot  yang kaku. Efeknya fisik lebih tenang dan berdampak pada kesehatan yang membaik.

  1. Mempengaruhi Kualitas tidur

Solar Water heater yang dihasilkan oleh pemanas ini,  menyebabkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Setelah Pulang dari  kerja ada baiknya menggunakan air hangat untuk mandi. Metode terapi air hangat  sebagai salah satu cara untuk menurunkan suhu tubuh lebih lambat. Efeknya yang diterima tubuh akan terasa lebih rileks dan tidur menjadi pulas.

  1. Mengeluarkan Toxic

Detoksifikasi secara alami dapat menggunakan terapi  air hangat. Ketika mulai menerapkan tetapi hormon yang ada pada tubuh aktif, yaitu sistem endokrin. Sistem yang mampu mengeluarkan sejumlah keringat.

Inilah yang membuat toxic keluar dari dalam tubuh melalui keringat.  Langkah dalam meredakan peradangan dan pembengkakan.

Untuk menerapkan berendam air hangat, yang harus dilakukan adalah berendam  selama 20 menit, supaya terhindar dari gejala dehidrasi. Sebelum dan sesudah melakukan proses terapi, maka dianjurkan untuk  minum air hangat.

Cara dalam proses terapi air hangat

  1. Temperatur yang Sesuai

Pemanas air tenaga matahari, alat yang sangat cocok dalam menghasilkan air hangat dengan temperatur antara 33 hingga 37 derajat Celsius dan merupakan suhu yang baik untuk terapi. Jika mencapai 40 derajat Celsius, sangat memiliki efek buruk pada tubuh.

Apalagi bagi mereka yang menderita kardiovaskuler dapat membuat beban pengoperasian pada jantung semakin keras.

  1. Olahraga Ketika Berendam

Selama  berendam air hangat usaha   melakukan sebuah  aktivitas  olahraga ringan. Dengan bergerak, maka  peredaran darah   menjadi lancar. Jika seorang pekerja yang mempunyai rutinitas yang tinggi. Ada baiknya melakukan sejumlah pool therapy atau terapi air hangat.

Terapi air hangat terlihat sangat mudah dalam menerapkannya. Namun, memiliki dampak yang luar biasa bagi sang pelaku terapi. Jika ingin melakukan terapi usaha menggunakan pemanas air tenaga surya yang mampu menghasilkan air yang sesuai dengan suhu, yaitu 33 derajat hingga 37 derajat Celsius.