Artikel

Segera Perbaiki Jika Pemanas Air Tenaga Surya Mengalami Ciri Ini

Sama seperti benda elektronik lainnya, pemanas air tenaga surya juga bisa mengalami kerusakan. Terlebih lagi jika pemanas air tersebut sudah cukup tua usia pemakaiannya. Tak hanya sudah tua, berikut adalah beberapa ciri-ciri pemanas air yang harus segera diperbaiki atau diganti.

Ciri-ciri pemanas air tenaga surya harus diperbaiki

  1. Proses menghangatkan air menjadi lama

Umumnya pemanas air normal hanya membutuhkan waktu 2 jam 59 menit saja untuk memanaskan air. Jika waktu yang dibutuhkan oleh pemanas lebih dari itu, maka bisa jadi pemanas air mengalami kerusakan.

Jika Anda mengalami kejadian ini, segera periksa bagian untuk menyalakan mesin. Jika masih tidak bisa, segera lakukan pengecekan di bagian dalam mesin pemanas untuk mengetahui jenis kerusakannya.

  1. Mesin mengeluarkan suara bising

Jika secara tiba-tiba solar water heater mengeluarkan suara bising, segera periksa bagian sendimen yang menempel di bawah tangki air. Biasanya sendimen itulah yang menyebabkan pemanas air mengeluarkan suara bising.

Terlebih lagi jika pemanas baru ingin dinyalakan, maka suara bising akan semakin menjadi-jadi. Jika Anda mengalami masalah ini, segera ganti mesin pemanas air dengan yang baru karena mesin pemanas sudah terlalu tua untuk digunakan.

  1. Bocor

Jika di salah satu bagian mesin terdapat kebocoran, segera cari sumber bocor tersebut. Kebocoran pada pemanas air menandakan jika mesin bermasalah. Jadi, segera periksa dan lakukan perbaikan dengan segera agar bocor tidak melebar ke mana-mana.

  1. Suhu air tidak konsisten

Suhu air yang tiba-tiba menjadi dingin walaupun mesin sedang menyala juga menjadi tanda apabila terjadi kerusakan pada mesin. Jika pemanas air di rumah mengalami kejadian suhu air yang tidak konsisten, maka segera periksa bagian mesin untuk mengetahui kerusakannya.

  1. Tagihan listrik tiba-tiba membengkak

Jika tagihan listrik rumah tiba-tiba membengkak tanpa penyebab, bisa jadi pemanas air tenaga matahari yang Anda gunakan itulah penyebab utamanya. Hal ini biasanya terjadi karena adanya penyumbatan di bagian pipa mesin atau tangki air.

Tak perlu panik, jika Anda mengalami ini segera kuras dan bilas tangki air pemanas. Atau mengganti bagian pipa yang terkena sumbatan. Jika masih belum teratasi, segera panggil jasa servis mesin pemanas air ahli untuk mengatasi masalahnya.

  1. Air berkarat

Ciri-ciri kerusakan pemanas air yang paling parah adalah ketika pemanas mengalirkan air yang berkarat dan berbau busuk. Jika mesin sudah mengeluarkan ciri-ciri ini, maka jangan tunda lagi untuk memperbaikinya.

Air yang berkarat dan berbau akan sangat berbahaya. Jadi, segera panggil tukang servis pemanas air ahli untuk memperbaikinya. Selain itu, agar pemanas tidak mengeluarkan air berkarat, Anda juga harus rutin untuk melakukan pengecekan dan pembersihan secara berkala.

Jadi itulah tadi ciri-ciri pemanas air tenaga surya harus segera diperbaiki. Seiring dengan berkembangnya zaman, sebagian orang menganggap jika pemanas air di rumah memiliki peran yang sangat penting. Terlebih lagi dalam kegiatan sehari-hari yang di mana air panas akan selalu berguna untuk mandi dan dikonsumsi.