Panduan Lengkap

Analisis Hemat Biaya Gunakan Solar Water Heater

Bayang-bayang krisis energi kini semakin nyata. Kenaikan harga energi, seperti listrik dan gas tidak hanya semakin membebani pengeluaran rumah tangga, tetapi juga sektor industri dan komersial. Jika terus dibiarkan, kenaikan lonjakan harga energi tidak akan terelakkan lagi. Maka dari itu mencari solusi energi alternatif yang hemat biaya dan ramah lingkungan bukan lagi suatu kebutuhan, tetapi keharusan.

Berdasarkan data statistik Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, kebutuhan listrik nasional rata-rata tumbuh sekitar 8-9% per tahun, di mana setiap tahunnya butuh tambahan sekitar 5.700 MW kapasitas pembangkit baru melalui energi non-terbarukan. Tentu, bertambahnya kebutuhan berarti bertambah pula kenaikan harga. 

Tidak hanya terjadi di Indonesia saja, pertumbuhan permintaan listrik global juga didorong oleh pertumbuhan ekonomi, terutama di negara-negara berkembang, seperti Asia Tenggara, di mana peningkatakan kepemilikan alat-alat pendingin udara mendukung pertumbuhan permintaan yang kuat. Ya, permintaan energi listrik akan terus bertumbuh selama solusi alternatif belum digemborkan.

Namun, sebenarnya kini sudah banyak alternatif lain untuk mengurangi energi bahan bakar fosil yang berlebihan. Salah satunya adalah solar water heater. Banyak dari kita membutuhkan air panas tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga, tetapi juga untuk sektor komersial hingga industri. Hanya saja, belum banyak yang tertarik dengan harganya yang relatif mahal.

Tidak Punya Waktu Membaca Panduan Lengkap Sekarang?

Jangan khawatir, panduan ini tersedia dalam bentuk PDF

Biaya Pembelian dan Instalasi Solar Water Heater

Solar water heater tersedia dalam berbagai varian di Indonesia, seperti contohnya sistem flat dengan harga Rp16.300.000. Biaya awal instalasi biasanya berkisar antara Rp5.000.000 hingga Rp25.000.000 tergantung lokasi dan ukuran sistem. Maka, jika digabungkan, total biaya awal pemanas air dengan lokasi pemasangan mudah dan ukuran kecil adalah Rp21.300.000.

Harga ini tentunya berbeda dibandingkan pemanas air konvensional lainnya. Dengan harga mulai Rp1.000.000, Anda sudah bisa mendapatkan pemanas air untuk kebutuhan rumah tangga. Namun, perlu Anda garis bawahi bahwa rata-rata solar water heater dapat menghemat biaya energi hingga 50-80% dibandingkan pemanas air konvensional. Ditambah lagi, saat ini pemanas air tenaga matahari sudah mendapat subsidi dari pemerintah. Subsidi ini diberikan sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong penggunaan energi terbarukan dan mengurangi emisi karbon.

Biaya Operasional Solar Water Heater

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa pemanas air dengan energi surya mampu menghemat biaya hingga 50-80%. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Berikut ini adalah perbandingan tabel yang membuat Anda bisa melihat biaya operasional pemanas air tenaga matahari secara lebih dekat.

Kategori Solar Water Heater Pemanas Air Listrik/Gas
Biaya Awal (Pembelian + Instalasi) Rp21.300.000 atau bisa lebih tinggi lagi, tetapi dapat disubsidi oleh pemerintah  Rp 1.000.000 atau bisa lebih, namun lebih rendah dari Solar Water Heater
Biaya Operasional Sangat rendah atau hampir tidak ada  Terus meningkat seiring kenaikan tarif listrik/gas
Perawatan Minimal, perlu pembersihan panel secara berkala Perawatan berkala dan penggantian komponen 
Umur Pakai Lebih dari 20 tahun 10-15 tahun tergantung pada pemeliharaan
Efisiensi Energi Sangat efisien dalam mengubah energi matahari menjadi panas Efisiensi bergantung pada model dan teknologi

Dengan perbandingan tersebut, memang terlihat bahwa biaya awal pemanas air tenaga matahari jauh lebih tinggi dibandingkan pemanas konvensional. Tetapi, setelahnya tidak ada biaya operasional yang dikeluarkan. Berbeda dengan pemanas konvensional, seperti gas/listrik yang mengikuti kenaikan tarif listrik/gas. Berikut ini dapat Anda perhatikan bahwa kenaikan energi listrik terus melonjak.

Sekarang, transisi ke energi ramah lingkungan bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan mendesak. Oleh karena itu, penting bagi kita memilih sumber energi terbarukan yang telah disediakan alam. Seperti salah satu contohnya kebutuhan akan air panas. Jika kita beralih dari air panas konvensional ke solar water heater, kita tidak lagi bergantung pada energi non-terbarukan, tetapi dalam berkontribusi pada kelestarian lingkungan.

Cara Kerja Solar Water Heater

Solar water heater memanfaatkan energi panas matahari untuk memanaskan air. Melalui panel surya, sistem ini menyerap panas matahari dan mentransfernya ke air melalui sistem pemipaan. Kemudian air panas disimpan di dalam tangki penyimpanan dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari kebutuhan untuk rumah tangga hingga untuk industrial. 

Dengan memanfaatkan energi matahari secara efisien, pemanas ini dapat bekerja secara otomatis dan tidak memerlukan bahan bakar fosil. Sehingga, sistem ini lebih ramah lingkungan dan hemat biaya. 

Komponen Utama Solar Water Heater

Solar water heater memiliki beberapa komponen dan fungsi, di antaranya:

  1. Panel Surya
    Menyerap energi panas matahari. Panel surya terdiri dari dua jenis, yaitu kolektor plat datar dan tabung vakum.
  2. Tangki Penyimpanan
    Menampung air panas yang dihasilkan oleh panel surya.
  3. Sistem Sirkulasi
    Mengalirkan air panas dari panel surya ke tangki penyimpanan dan kembali ke panel surya untuk kemudian dipanaskan kembali.
  4. Kontroler
    Mengatur dan memantau suhu air panas serta mengoperasikan sistem sirkulasi.
  5. Komponen Lainnya
    Komponen lain seperti katup pengaman, sensor suhu, dan pipa.

Jenis Solar Water Heater

Sebagai penyedia solar water heater, Inti Solar merupakan penyedia pemanas air yang telah berpengalaman di bidang solar water heater sejak tahun 1960. Saat ini Inti Solar menjadi top #1 solar panel water heater di Indonesia dengan produk yang diproduksi dengan peralatan teknologi canggih. Produk-produk Inti Solar memiliki beberapa jenis pemanas air, di antaranya:

  1. Split Active
    Sistem ini terdiri dari panel surya dan tangki penyimpanan yang terpisah. Sedangkan, untuk mengalirkan air panas, dibutuhkan pompa sirkulasi. Sistem ini cocok untuk kebutuhan air panas yang tinggi dan pemasangan di atap yang tidak memungkinkan sistem terintegrasi.
  2. Direct
    Sistem ini menggabungkan panel surya dan tangki penyimpanan dalam satu unit. Dengan begitu, air panas dapat mengalir secara alami tanpa memerlukan pompa. Sistem ini cocok untuk kebutuhan air panas yang rendah dan pemasangan di atap dengan kemiringan yang ideal.
  3. Indirect
    Sistem ini menggunakan heat exchanger untuk mentransfer panas dari panel surya ke air di tangki penyimpanan. Air di tangki penyimpanan tidak akan bercampur dengan air yang dipanaskan oleh panel surya. Sistem ini cocok untuk daerah dengan air yang kotor atau berkarat.

Analisis Titik Balik Modal & Penghematan Biaya Penggunaan Solar Water Heater

Jika Anda adalah seorang pemilik rumah atau pebisnis, informasi ini sangatlah penting untuk Anda ketahui. Berikut ini adalah analisis titik balik modal dan penghematan biaya dengan menggunakan solar water heater.

Analisis Titik Balik Modal (Payback Period) Solar Water Heater

Untuk menghitung penghematan biaya pemanas air tenaga matahari, pertama hitung total biaya awal pembelian dan instalasi. Lalu, hitung konsumsi listrik pemanas air tradisional per bulan dan perkirakan pengurangannya setelah menggunakan pemanas air tenaga matahari. Terakhir, kalikan pengurangan konsumsi listrik dengan tarif listrik per kWh.

Agar mudah dalam mencatat pengurangan konsumsi listrik, Anda perlu melihat meteran listrik sebelum dan setelah menggunakan pemanas air selama periode waktu tertentu. Kemudian, Anda bisa melihat tagihan listrik yang tercantum untuk pemanas air apabila tersedia.

Contohnya, setelah didapatkan bahwa pengurangan konsumsi listrik pada rumah atau bisnis Anda adalah 1.000kWh per bulan, tarif listrik Rp1.444,70 per kWh. Maka untuk mendapatkan biaya penghematan:

1.000kWh x Rp1.440,70 = Rp1.440.700 per bulan

Setelah menghitung biaya awal dan penghematan biaya listrik per bulan, langkah selanjutnya adalah menghitung payback period. Rumusnya adalah:

Payback Period = Biaya Awal / Penghematan Biaya Listrik per Bulan

Maka, perhitungannya dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Biaya awal: Rp21.300.000
  • Penghematan biaya listrik per bulan: Rp1.440.700
  • Payback Period = 21.300.000/1.440.700 = 15 bulan

Kesimpulannya, waktu yang dibutuhkan untuk menutup biaya awal pemanas air tenaga matahari dengan penghematan biaya listrik adalah 15 bulan.

Berikut ini adalah simulasi bagaimana biaya bulanan dapat menutup biaya awal pemanas air tenaga matahari dengan payback period 15 bulan.

Bulan Penghematan Biaya Listrik Total Penghematan Sisa Biaya Awal
1 Rp1.440.700 Rp1.440.700 Rp19.859.300
2 Rp1.440.700 Rp2.881.400 Rp18.418.600
3 Rp1.440.700 Rp4.322.100 Rp16.977.900
14 Rp1.440.700 Rp20.169.800 Rp1.130.200
15 Rp1.440.700 Rp21.610.500 Rp 0

Hemat Biaya Seumur Hidup

Asumsi:

  • Tarif listrik: Rp 1.444,70/kWh (tarif PLN non subsidi 2200VA)
  • Kapasitas Solar Water Heater: 300 liter
  • Kebutuhan air panas: 100 liter/hari
  • Kenaikan tarif listrik: 5%/tahun
  • Umur Solar Water Heater: 20 tahun

Perhitungan Penghematan:

Daya Listrik (VA) Konsumsi Listrik (kWh/hari) Biaya Listrik (Rp/hari) Biaya Listrik (Rp/tahun) Penghematan PTHS (Rp/tahun)
2.200 2.20 3.168,40 1.154.644 1.154.644
3.500 3.50 5.054,05 1.844.498 1.844.498
5.500 5.50 7.938,95 2.907.441 2.907.441
6.600 6.60 9.523,14 3.472.572 3.472.572

Kesimpulannya, solar water heater dapat menghemat biaya listrik secara signifikan untuk berbagai varian. Meskipun memiliki perbedaan yang signifikan secara varian, tetapi ini tetap memberikan biaya yang hemat bagi kebutuhan Anda.

Produk Solar Water Heater dari Inti Solar

Memiliki pemanas air tenaga matahari bisa menjadi alternatif untuk menghemat biaya listrik dari jutaan hingga ratusan juta rupiah. Berikut ini adalah produk Inti Solar yang mampu menjadi jawaban dari kebutuhan Anda.

PS Pressure Series – Indirect System

Solar Panel Water Heater Pressure Series dilengkapi dengan sistem indirect, yaitu sistem yang dilengkapi dengan cooper coil heat exchanger yang berfungsi sebagai pemindah panas, sehingga air panas dapat menghasilkan dua kali lipat lebih banyak dari kapasitas tangki. Produk ini tersedia dalam dua varian kapasitas, yaitu 80 dan 100 liter.

Black Series – Indirect System

Solar Panel Water Heater Black Series merupakan pemanas air tenaga matahari dengan sistem indirect, yaitu sistem yang dilengkapi dengan cooper coil heat exchanger. Dilengkapi VX Plus, smart home device yang dapat terhubung dengan internet dan mengatur produk dari seluruh dunia. Produk ini tersedia dalam tiga varian kapasitas, yaitu 100, 200, dan 300 liter.

Master Series – Indirect System

Selain menggunakan sistem indirect yang menjadi keunggulan Inti Solar, produk ini dilengkapi VX Plus, smart home device yang dapat terhubung dengan internet dan mengatur produk dari seluruh dunia. Dengan menggunakan teknologi Jerman vacuum tube, penyerapan panas lebih cepat dan penyimpanan panas yang lebih lama. Untuk kapasitasnya, produk ini hanya memiliki satu varian kapasitas, yaitu 150 liter. 

CE Series – Indirect System

Sama seperti produk yang lainnya, Solar Panel Water Heater CE Series menggunakan sistem indirect yang mampu menghasilkan air panas dua kali lipat lebih banyak dari kapasitas tangki. Dilengkapi dengan teknologi Jerman vacuum tube, penyerapan panas menjadi lebih cepat dan penyimpanan panas yang lebih lama berkat sistem indirect heating. Produk ini terdiri dari dua varian kapasitas, yaitu 200 dan 300 liter.

IN Series (Stainless) – Indirect System

IN Series merupakan tipe Premium dari Inti Solar. Menggunakan sistem indirect dan teknologi Jerman vacuum tube membuatnya lebih mudah menyerap panas dengan cepat serta penyimpanan panas yang lebih tahan lama. Selain itu, materialnya menggunakan  full stainless steel membuat produk ini tahan terhadap hawa ekstrim seperti hawa laut dan polusi industri berat. Produk ini terdiri dari tiga varian kapasitas, yaitu 100, 200, dan 300 liter.

Flat Series – Direct System

Produk pemanas air flat dengan sistem direct berbeda dengan sistem indirect. Pemanas flat menggunakan tangki dengan bahan yang dapat menjamin ketahanan dan umur pakai yang panjang. Untuk varian produk ini hanya memiliki satu varian produk dengan kapasitas 100 liter.

Special Project Series

Special Project terdiri dari 2 produk, yaitu Non-Pressure Hot Water Tank dan Pressurized Hot Water Tank. Non-Pressure merupakan pilihan aman dan tahan lama untuk kebutuhan air panas Anda. Tangki ini menyimpan air panas tanpa tekanan internal, sehingga tidak ada risiko ledakan.  

Sedangkan, Pressure Hot Water Tank menawarkan solusi ideal untuk kebutuhan air panas di seluruh bangunan, bagi keluarga Anda, pemilik bisnis, atau pun industri. Produk ini menyimpan air panas di bawah tekanan, memungkinkan air panas didistribusikan dengan aliran yang lebih baik ke berbagai titik penggunaan, bahkan yang jauh atau lebih tinggi dari tangki.

Split Active

Split Active System memiliki keunggulan high-speed heating yang menjamin ketersediaan air panas ketika hendak digunakan. Dengan kemampuannya tahan terhadap segala cuaca, Anda bisa menggunakannya di segala cuaca dengan suhu air panas yang tetap stabil. Produk ini terdiri dari tiga varian kapasitas, yaitu 200, 300, dan 500 liter. 

Itulah analisis hemat biaya menggunakan solar water heater yang dapat Anda pertimbangkan untuk mengganti pemanas air tradisional Anda ke pemanas air dengan tenaga matahari. Jika Anda tertarik, Anda bisa menghubungi tim profesional kami untuk melakukan konsultasi gratis atau meminta brosur produk. Kami siap membantu Anda!

Tentang Inti Solar

Inti Solar adalah perusahaan penyedia alat pemanas air tenaga matahari di bawah naungan PT. Inti Sarana Adi Sejahtera. Sebagai pelopor pemanas air tenaga matahari di Indonesia sejak tahun 1960 hingga saat ini, kami selalu hadir menyediakan teknologi terdepan dan tercanggih di bidang pemanas air.

Mulai dari kebutuhan rumah tangga, rumah kost, asrama, penginapan, rumah sakit, restoran hotel, spa & rumah kecantikan, industri, kolam renang, salon, pengembang perumahan real estate hingga untuk kebutuhan villa pribadi, kami memberikan yang terbaik untuk para klien kami.

Untuk menghubungi service Inti Solar dan membuat janji service, Anda dapat menghubungi Inti Solar melalui telepon atau email berikut ini.

Telepon Inti Solar: +62 21 66607588, 021 54220707
Customer Service 1 : 0816 788 338
Customer Service 2 : 0811 8991 323

Dengan berbagai jenis pemanas air tenaga matahari berteknologi Jerman, Inti Solar memberikan yang terbaik untuk para klien mendapatkan pemanas air secara efisien di segala waktu dan musim.

Temukan Beragam Produk Solar Water Heater