Artikel

Solar Water Heater Bisa Memberikan Khasiat Untuk Darah?

Solar water heater merupakan salah satu alat alternatif untuk mendapatkan air panas melalui tenaga matahari. Alat ini dapat menjadi alternatif agar lebih praktis dalam memperoleh air hangat. Air hangat memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama bagi Indonesia yang notabene negara tropis.

Musim hujan yang sedang melanda saat ini, membuat kita harus menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan menyediakan air hangat. Manfaat air hangat bagi tubuh salah satunya adalah melancarkan peredaran darah. Peredaran darah berdampak bagi kestabilan daya tahan tubuh, berikut penjelasan dari manfaat air hangat bagi peredaran darah.

Manfaat air hangat solar water heater bagi peredaran darah

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Air hangat yang didapatkan melalui pemanas air tenaga surya berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. Cuaca tropis di Indonesia, terutama saat musim hujan seperti ini sangat cocok menggunakan air hangat untuk minuman yang diseduh. Dokter dan ahli menyarankan untuk meminum air hangat di pagi hari, hal tersebut berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Air hangat dapat digunakan dalam minuman seperti: teh, maupun dicampur dengan madu dan lemon. Madu dan lemon tidak hanya sebagai penambah rasa namun juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu air hangat sangat diperlukan dalam situasi ini.

  1. Mengembalikan Kelembaban Tubuh

Menyeduh minuman dengan air hangat lalu meminumnya di pagi hari bisa membantu mengembalikan kelembaban tubuh yang hilang sewaktu tidur. Tubuh juga akan merespons dengan cepat dan bagian dalam tubuh akan terasa menjadi lebih tenang sehingga membantu menjaga badan agar tetap hangat dan stabil.

  1. Bermanfaat Untuk Kulit

Air hangat juga mampu membuat kulit menjadi halus dan bersinar, Hal tersebut dihasilkan dari efek air hangat yang mampu mencegah gangguan kulit, seperti keriput dan kulit kering. Air hangat yang didapatkan dari pemanas air tenaga matahari mampu mengembalikan kondisi kulit menjadi lebih baik, baik dengan cara diminum maupun untuk mandi.

  1. Bersifat Menenangkan

Kemudian air hangat juga mampu menyingkirkan racun di dalam tubuh. Racun yang terlalu lama bisa menyebabkan dehidrasi dan memicu stres, nyeri, bahkan sakit kepala. Oleh karena itu seseorang yang mengalami insomnia atau gangguan tidur, disarankan untuk meminum air hangat agar tubuh merasa lebih rileks.

  1. Berendam Air Hangat

Mandi atau berendam menggunakan air hangat memiliki banyak manfaat yang disarankan oleh para ahli. Air hangat dianggap mampu untuk membantu meredakan nyeri di bagian tubuh mana pun. Semakin lama tubuh berendam dalam air hangat, maka darah akan menjadi hangat dan dapat membantu relaksasi pada otot-otot tubuh kita.

Itulah beberapa manfaat air hangat yang didapatkan dari solar water heater bagi peredaran darah yang bisa kita lakukan di rumah agar tubuh tetap sehat.

 

Oleh: intisolar.com