Artikel

Ternyata Pemanas Air Tenaga Surya dapat Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Pemanas air tenaga surya belakangan ini dimanfaatkan untuk berbagai hal, termasuk mengurangi resiko jantung. Pada umumnya, orang yang memilih air hangat untuk mandi saat udara sedang sangat dingin. Tapi kini, banyak orang yang melakukannya karena alasan kesehatan. Katsuhiko Kohara, seorang professor Jepang dari Ehime Univesity mengungkapkan hasil penelitiannya tentang pengaruh air panas terhadap jantung. Dari hasil penelitian diperoleh data jika  berendam air panas selama 5 hari dalam sepekan mampu menurunkan resiko jantung.

Ternyata Pemanas Air Tenaga Surya dapat Mengurangi Resiko Jantung

Berbeda dengan negara Jepang yang punya banyak tempat sauna untuk memfasilitasi berendam air hangat, di Indonesia tempat tersebut masih sangat jarang. Tapi berkat adanya water heater tenaga surya, kita bisa mandi air hangat kapan saja. Berikut ini manfaat mandi air panas untuk kesehatan jantung:

1. Melancarkan Sirkulasi Darah Di Jantung

Mengapa mandi air hangat baik untuk kesehatan jantung? karena uap air panas mampu membantu melancarkan sirkulasi darah dengan baik. Supaya hasilnya optimal, pemanas air yang dipilih harus yang tepat. Dari sekian banyak jenis pemanas air, solar water heater adalah pilihan terbaik. Pemanas ini menggunakan sinar matahari sebagai pemanas alami.

2. Mempercepat Detak Jantung

Mandi air panas dengan water heater tenaga solar memberikan sensasi yang sangat menyegarkan seperti mandi di pemandian air panas. Manfaat lain mandi air panas yaitu mempercepat detak jantung. Kecepatan detakan jantung saat mandi air panas hampir sama dengan kecepatan detakan jantung ketika berolahraga.

3. Membuat Tubuh Rileks

Salah satu penyebab seseorang mengalami serangan jantung karena stress. Agar tubuh tetap rileks dan bebas stress, manfaatkan pemanas air tenaga matahari dengan baik. Uap panas secara alami efektif untuk merangsang kulit untuk terus memproduksi endorphin pada kulit. Sudah jadi rahasia umum jika endorphin merupakan hormon yang mendorong seseorang untuk merasa selalu bahagia dan senang. Secara tidak langsung dengan rajin mandi air panas telah meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan jantung karena pikiran dan tubuh selalu merasa bahagia.

4. Meningkatkan Kemampuan Pernapasan

Manfaat lain dari pemanas air tenaga solar adalah untuk meningkatkan kemampuan pernapasan. Saat seseorang berendam air panas, suhu dan tekanan air pada dada secara otomatis akan meningkatkan kinerja dari paru-paru. Dengan demikian, paru-paru akan mengambil oksigen dalam jumlah yang lebih banyak. Saat paru-paru bisa bekerja dengan baik, artinya jantung pun bisa bekerja dengan sama baiknya. Jantung yang bekerja secara baik untuk memompa darah menurunkan resiko penyakit jantung.

Melihat banyaknya manfaat yang diberikan dari pemakaian water heat tenaga surya, kita tidak perlu lagi meragukan pemakaiannya. Dengan menggunakan pemanas air tenaga surya secara teratur artinya kita telah meningkatkan kualitas kesehatan jantung dan menjaga jantung agar tetap sehat.

Oleh: intisolar.com