Artikel

Tips Mudah Merawat Pemanas Air Tenaga Surya

Merawat pemanas air tenaga surya memang gampang-gampang susah. Anda bisa menggunakan jasa servis untuk membantu Anda melakukan perawatan. Hal ini memang sangat penting agar pemanas air bisa bertahan lama atau awet dan tidak mengalami kendala atau masalah saat digunakan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perawatan pada solar water heater.

Ikuti tips merawat pemanas air tenaga surya ini

  1. Pastikan air yang digunakan adalah air bersih

Bagusnya, air yang digunakan untuk pemanas air baik konvensional ataupun pemanas air tenaga surya adalah air yang baku. Air yang baku di sini berarti air tersebut bersih dan tidak mengandung pasir, batu, garam, lumpur ataupun kapur. Hal ini dikarenakan air yang bersih dan tidak kotor tidak akan menyumbat saluran air. Terlebih lagi jika pada pemanas tersebut juga menggunakan tangki penampungan, hindari air yang kotor agar tidak merusak tangki.

Untuk pemanas air tenaga matahari yang menggunakan tangki untuk menyimpan air panasnya, usahakan untuk secara rutin mengecek kadar kapur yang ada pada air. Hal ini untuk menghindari tangki yang berkerak jika kadar kapur pada air terlalu tinggi.

  1. Lakukan perawatan rutin

Melakukan perawatan rutin untuk pemanas air tenaga matahari juga sangat dibutuhkan. Perawatan tersebut dilakukan minimal sekitar satu tahun sekali. Anda bisa menggunakan jasa servis pemanas air yang berpengalaman untuk membersihkan komponen pada pemanas air tersebut.

  1. Melakukan penggantian magnesium anoda

Penggunaan magnesium anoda dalam pemanas air sangatlah penting untuk menghilangkan kotoran yang mungkin ada di dalam komponen pemanas air. Biasanya magnesium anoda ini diletakkan di bagian air boiler, evaporator boiler, heat exchanger, dan komponen pemanas lainnya.

Kegunaan dari magnesium anoda ini adalah untuk mendekontaminasi, melembutkan air hingga membuat ketahanan pemanas air Anda lebih awet dan tahan lama. Selain itu, magnesium anoda juga berguna untuk melindungi komponen pemanas air dari karat dan korosi. Akan tetapi penggunaan magnesium anoda ini tidak bisa digunakan seterusnya, oleh karena itu dibutuhkan penggantian minimal selama 2 tahun sekali.

  1. Membersihkan seluruh sambungan

Pemanas air tenaga matahari sudah pasti menggunakan pipa yang berguna untuk menyalurkan air dingin atau air panas dan menyimpannya di tangki penyimpanan. Pipa-pipa ini penting juga untuk dilakukan perawatan dan pengecekan. Hal ini berguna untuk menghindari pipa yang mungkin bocor atau tersumbat oleh kotoran. Bahkan jika perlu Anda bisa mengganti pipa tersebut dengan yang baru apabila sudah ditemukan kerusakan seperti bocor dan lain sebagainya.

Demikian artikel mengenai tips perawatan pemanas air tenaga surya yang mungkin berguna untuk Anda. Lakukan cara-cara di atas agar pemanas air jadi lebih awet dan tidak mudah rusak.

 

Oleh: intisolar.com