Artikel

10 Tips Perawatan Pemanas Air Tenaga Surya agar Tetap Optimal

Pemanas air tenaga surya adalah investasi paling menguntungkan untuk rumah Anda. Selain ramah lingkungan, alat ini juga bisa menghemat pengeluaran listrik. Namun, seperti peralatan elektronik lainnya, pemanas air ini juga perlu perawatan rutin agar tetap optimal. Mari kita simak 10 tips perawatan pemanas air tenaga surya berikut ini!

Tips Perawatan Pemanas Air Tenaga Surya agar Tetap Optimal

Meskipun Anda sudah mendapatkan investasi yang menguntungkan berupa pemanas air tenaga surya, penting juga untuk Anda mempertahankan investasi Anda tetap awet dan efisien. Dengan perawatan yang tepat, pemanas ini bisa membantu Anda dalam menghemat energi di era sekarang. Berikut adalah 10 tips perawatan pemanas air tenaga surya.

1. Pemilihan Lokasi Pemasangan yang Tepat

Tips perawatan pemanas air yang pertama adalah lokasi pemasangan. Pemilihan lokasi pemasangan yang tepat sangat penting untuk memaksimalkan penyerapan sinar matahari. 

Untuk itu, pastikan panel dipasang di tempat yang tidak terhalang bayangan dengan kemiringan dan orientasi yang sesuai dengan lokasi geografis Anda. 

Selain itu, pastikan lokasi tersebut mendapat cukup sinar matahari sepanjang hari dan memiliki ruang yang cukup untuk kolektor dan tangki penyimpanan.

2. Perawatan Rutin Panel Surya

Membersihkan panel surya secara rutin sangat penting untuk mencegah penurunan efisiensi akibat debu dan kotoran. 

Banyak orang mengabaikan tips perawatan pemanas air tenaga surya yang satu ini, padahal panel yang kotor dapat mengurangi kinerja sistem hingga 21% untuk panel rumah tangga dan hingga 60% untuk instalasi komersial. 

Untuk merawatnya, Anda cukup menggunakan alat pembersih yang lembut dan hindari bahan kimia keras atau sikat kawat yang dapat merusak permukaan panel.

3. Isolasi Tangki Penyimpanan

Mengisolasi tangki penyimpanan air akan membantu pemanas air Anda mempertahankan panas yang lebih lama, sehingga meningkatkan efisiensi energi. 

Isolasi yang baik juga melindungi tangki dari suhu ekstrem dan mengurangi risiko akibat guncangan termal. 

Tips yang paling penting dalam memilih isolasi adalah pilihlah material isolasi berkualitas tinggi untuk hasil terbaik.

4. Optimalisasi Penggunaan Air Panas

Untuk memaksimalkan pemanfaatan energi dari matahari, gunakan air panas pada saat matahari bersinar. Alat pengatur suhu juga dapat membantu mengontrol penggunaan energi dengan lebih efisien, sehingga Anda bisa menghemat lebih banyak energi dan juga biaya.

5. Pengecekan dan Pemeliharaan Sistem Plumbing

Lakukan pengecekan rutin pada pipa dan katup untuk mencegah kebocoran yang bisa mengurangi efisiensi sistem. Dalam hal ini, Anda perlu memastikan semua sambungan pipa dalam keadaan kencang dan aman. Jika ada komponen yang rusak atau aus, segera ganti untuk memastikan sistem bekerja dengan optimal kembali.

6. Memantau Kinerja Sistem

Menggunakan alat pemantau kinerja dapat menjadi tips perawatan pemanas air tenaga surya terbaik dalam membantu Anda memeriksa seberapa efisien sistem bekerja. 

Dengan memantau produksi energi, konsumsi energi, dan rasio efisiensi, Anda dapat mengidentifikasi masalah sebelum menjadi lebih besar. 

Beberapa alat pemantau yang dapat digunakan antara lain, pemantauan inverter, platform pemantauan online, aplikasi seluler, dan pengukur utilitas.

7. Mempertimbangkan Penambahan Sistem Penyimpanan Tambahan

Menambahkan sistem penyimpanan tambahan dapat meningkatkan kapasitas pemanas air tenaga surya Anda, terutama jika kebutuhan air panas di tempat Anda semakin meningkat.

Sistem penyimpanan tambahan memungkinkan penggunaan energi surya yang lebih efisien dan menyediakan pasokan air panas yang konsisten, bahkan selama periode radiasi matahari rendah atau malam hari. 

Ini juga dapat mengurangi kebutuhan pemanasan cadangan, menghemat biaya listrik, dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

8. Pengaturan Suhu yang Efisien

Tips perawatan pemanas air tenaga surya selanjutnya adalah mengatur suhu air sesuai kebutuhan. Hal ini dapat membantu menghemat energi di rumah Anda. 

Pastikan thermostat berfungsi dengan baik untuk pengaturan suhu yang optimal. Pengaturan suhu pemanas air yang direkomendasikan antara 49°C hingga 60°C. 

Suhu ini ideal untuk rumah tangga dengan anak kecil atau penghuni lanjut usia, serta orang dewasa.

9. Memanfaatkan Teknologi Cerdas

Teknologi seperti sistem otomasi rumah dan pemantauan jarak jauh dapat membantu mengelola pemanas air dengan lebih efisien. 

Misalnya, menggunakan VX Digital Controller dari Inti Solar memungkinkan Anda untuk memantau dan mengatur pemanas air dari mana saja. Dengan teknologi ini, pengelolaan air panas bisa lebih efisien dan praktis.

10. Konsultasi dengan Profesional

Tips perawatan pemanas air tenaga surya yang terakhir adalah berkonsultasi dengan para profesional. Hal ini dapat memberikan wawasan dan saran untuk perawatan dan peningkatan sistem yang mungkin tidak Anda sadari. 

Oleh karena itu, pilihlah penyedia layanan yang berpengalaman dan terpercaya untuk memastikan sistem pemanas air tenaga surya Anda tetap dalam kondisi terbaik.

Inti Solar, Pemanas Air Tenaga Surya Terpercaya

Dengan mengetahui tips perawatan pemanas air tenaga surya, Anda dapat menjaga pemanas air tenaga surya Anda tetap awet hingga waktu yang lama. Mengetahui tips-tips ini juga membantu Anda untuk memperoleh informasi yang mungkin selama ini belum Anda ketahui dalam memelihara perawatan pemanas air tenaga surya.

Tapi, jangan khawatir. Inti Solar, sebagai pemanas air tenaga surya terpercaya dapat membantu Anda mengkonsultasikan solar panel water heater di rumah Anda dan memercayakan pelayanan perawatan dan perbaikan dengan teknisi berkualitas kami.

Inti Solar memiliki 40 service center di berbagai kota besar di Indonesia, termasuk Bali, Banten, DKI Jakarta, dan masih banyak lagi. Kami beroperasi Senin hingga Sabtu, pukul 08:00 – 17:00. Untuk layanan yang lebih cepat, Anda bisa mengisi formulir layanan perbaikan di halaman atau menghubungi kami.

Ayo, jangan tunda lagi! Segera perbaiki pemanas air tenaga surya Anda dengan kami, dan kami siap membantu Anda menjaga kinerja optimal dari investasi energi terbarukan Anda.