4 Cara Memilih Pemanas Air Tenaga Surya yang Tepat

4 Cara Memilih Pemanas Air Tenaga Surya yang Tepat

4 Cara Memilih Pemanas Air Tenaga Surya yang Tepat

4 Cara memilih pemanas air tenaga surya yang tepat – Pada saat memilih alat pemanas air tenaga surya atau yang juga bisa disebut dengan solar water heater ini ada baiknya terlebih dulu mempertimbangkan beberapa faktor supaya bisa sesuai dengan kebutuhan, sehingga alat pemanas air tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya dengan baik dan efektif. Perlu Anda tahu bahwa memilih dan menggunakan alat pemanas air tenaga surya ini pastinya akan jauh lebih murah, terutama untuk perhitungan jangka panjang, karena sumber daya yang digunakan asalnya dari alam dan pasti akan selalu tersedia. Apalagi buat kita yang tinggal di Indonesia, dimana negara tercinta kita ini ada pada wilayah beriklim tropis, dan secara langsung hal ini akan sangat menguntungkan sekali bagi Anda yang menggunakan pemanas air tenaga surya. Dengan begitu kebutuhan air panas juga jauh lebih mudah didapatkan tanpa pasokan sumber daya listrik.

Tetapi sebelum akhirnya Anda memilih alat pemanas air tenaga surya untuk dipasangkan di hunian Anda, sebaiknya terlebih dulu Anda ketahui beberapa tips atau cara memilih pemanas air tenaga surya yang tepat, seperti yang akan kami ulaskan dibawah ini.

4 Cara Memilih Pemanas Air Tenaga Surya yang Tepat

  • Perhitungkan terlebih dulu untuk keperluan apa air panas di rumah Anda. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan lagi berapa banyaknya penghuni rumah yang nantinya akan menggunakan air panas tersebut setiap harinya. Sebagai contohnya, apabila ada 2 – 4 orang maka Anda bisa menggunakan pemanas air tenaga surya dengan kapasitas 100 liter. Lalu jika ada 4 – 6 orang. Gunakan saja yang berkapasitas 130 liter, dan untuk 7 – 10 orang bisa gunakan alat pemanas air tenaga surya berkapasitas 300 liter.
  • Selain hal tersebut, jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Ini pastinya akan jadi faktor terpenting yang harus Anda perhatikan, karena faktor tersebut akan tentukan efisiensi penggunaan pemanas air yang ada di rumah Anda. Harga alat pemanas air tenaga surya di pasaran memang sangat variatif, mulai dari yang murah, hingga yang paling mahal sekalipun. Tetapi perlu Anda tahu bahwa jangan hanya terpaku dengan harganya yang murah, tetapi carilah alat pemanas air tenaga surya yang kualitasnya bagus.
  • Perlu Anda tahu bahwa alat pemanas air tenaga surya ini pastinya perlu cahaya matahari yang cukup untuk hasilkan energi panas sepanjang hari. Untuk itu, penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan lokasi dimana alat tersebut akan dipasang.
  • Jika alat pemanas air tenaga surya ini sudah selesai dipasang, maka hal penting yang juga harus Anda tahu adalah perawatan alat pemanas tersebut yang nantinya bisa dilakukan secara berkala. Ini tujuannya untuk menjadikan alat pemanas yang ada sellau beroperasi optimal dan efisien.

Demikian informasi tentang 4 cara memilih pemanas air tenaga surya yang tepat bisa kami bagikan. Semiga bermanfaat.

WhatsApp chat