4 Tips Pasang Pipa Pemanas Air Tenaga Matahari (Solar Water Heater)

4 Tips Pasang Pipa Pemanas Air Tenaga Matahari (Solar Water Heater)

4 Tips Pasang Pipa Pemanas Air Tenaga Matahari (Solar Water Heater)

Tips pasang pipa pemanas air tenaga matahari – Solar water heater atau pemanas air yang dibantu dengan tenaga matahari/ surya tidak bisa terlepas dari komponen pipa yang fungsinya mengalirkan air yang ingin dipanaskan serta dipancarkan ke kran. Umumnya saat kita ingin membeli dan memasang solar water heater, jasa tersebut juga akan membantu dalam hal pemasangan pipa ini sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui cara instalasi pipa pemanas air tenaga surya tersebut.

Tips pasang pipa pemanas air tenaga matahari

Lebih baik instalasi pipa pemanas air tenaga matahari dilakukan bersamaan dengan waktu membangun rumah atau gedung maupun ketika ingin memasang pipa air bersih. Berikut cara pasang pipa yang benar:

  1. Menentukan lokasi kran air panas dan pemasangan unit pemanasnya

Biasanya air panas dibutuhkan di dalam rumah dengan tempat-tempat seperti kamar mandi, wastafel, serta dapur. Di sinilah Anda harus mencari tahu titik kran air panas tersebut. Selain itu, tentukan pula dimana nanti unit mesin air panas tenaga surya akan dipasangkan. Dari sana Anda bisa mengetahui berapa banyak jumlah pipa air yang dibutuhkan serta jalur instalasinya. Agar hemat biaya, tentukan jalur dan jarak terpendek mesin air panas dengan kran.

  1. Menentukan kapasitas water heater

Hal ini harus disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga di dalam rumah. Misalnya untuk keluarga kecil dengan 2-4 orang, maka bisa memasang solar water heater dengan kapasitas tangki 100 liter saja, atau untuk keluarga yang lebih besar misalnya 6-8 orang maka bisa memilih kapasitas 300 liter, dan seterusnya. Pemanas air tenaga surya sendiri lebih direkomendasikan sebab lebih hemat dalam biaya dibandingkan pemanas air listrik.

  1. Memilih material pipa pemanas tenaga matahari

Anda juga perlu memilih material pipa yang ingin digunakan dalam instalasi pipa solar water heater. Temperatur air panas yang terlalu tinggi bisa merusak beberapa jenis material sehingga pemilihan haruslah yang tepat. Pipa yang dipilih ada baiknya yang tahan panas, awet, serta tahan terhadap tekanan yang tinggi. Contohnya seperti pipa polypropylene dengan bahan anti korosi yang tahan terhadap sedimen/ pengikisan serta berbagai cairan bahan kimia.

  1. Menghubungkan pipa pemanas air dengan unit pemanas air

Langkah terakhir adalah menghubungkan pipa pemanas air dengan unit pemanas airnya atau solar water heater. Hal ini dilakukan setelah solar heater terpasang di atap rumah/ gedung. Setelah itu mulai hubungkan lubang input ke pipa penyedia air bersih dan lubang output ke pipa instalasi air panas. Sebaiknya memakai pipa air fleksibel yang dihubungkan ke stop kran.

Demikian tips pasang pipa pemanas tenaga matahari atau surya (solar water heater). Pahami sehingga Anda bisa memilih jasa water heater dengan servis pemasangan yang baik.

 

Deskripsi: Berikut ini beberapa cara dan tips pasang pipa pemanas tenaga matahari (solar water heater) yang benar untuk keperluan rumah tangga maupun gedung.

Tags: tips pasang pipa pemanas tenaga matahari, instalasi pipa solar water heater, instalasi pipa pemanas air tenaga matahari

4 Tips Pasang Pipa Pemanas Air Tenaga Matahari (Solar Water Heater)

WhatsApp chat