Artikel, News & Event

5 Pertimbangan Dalam Memasang Solar Water Heater

Pertimbangan dalam memasang solar water heater – Penggunaan mesin pemanas air dahulu hanya dilakukan oleh masyarakat di Kawasan Eropa. Hal ini karena cuaca di berbagai negara Eropa selalu dingin. Namun saat ini, mesin pemanas air juga sudah banyak diterapkan di berbagai negara tropis termasuk Indonesia. Terlebih mandi atau mencuci dengan air panas memang memberikan banyak manfaat positif. Jadi, kini semakin banyak masayarakat yang menggunakannya di rumah.

Pertimbangan dalam memasang solar water heater

Sebelum mengaplikasikan pemanas air tenaga matahari, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Titik keran

Hal pertama yang sangat perlu diperhatikan dan dipastikan saat hendak memasang pemanas air dengan tenaga surya adalah lokasi titik keran. Biasanya titik air keran ada di dalam kamar mandi. Atau jika ditambah mungkin ada pula titik keran air panas di dapur atau wastafel. Tinggal dihitung saja ada berapa titik keran yang direncanakan. Dengan begitu, proses penghitungan kebutuhan pipa akan menjadi lebih mudah. Jika titik keran sudah ditentukan dengan pasti, maka persiapan pipa juga akan dilakukan secara matang dan sempurna.

  • Jenis pipa

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah jenis pipa yang akan digunakan dalam proses instalasi pemanas air tenaga surya. Karena berhubungan dengan suhu panas, maka sangat perlu pipa dengan jenis material yang tepat. Salah satu jenis material yang tepat untuk diaplikasikan pada mesin pemanas air tenaga surya adalah pipa dengan material PERT atau Polyethylene of Raised Temperature Resistance. Pipa jenis ini akan dapat bertahan lebih lama dan lebih awet hingga temperature 96 derajat celcius.

  • Diameter pipa

Selain jenis material pipa, diameter pipa juga harus diperhatikan sebelum melakukan instalasi pemanas air tenaga surya. Diameter pipa akan mempengaruhi kekuatan semburan serta kecepatan aliran air panas hingga ke keran penggunanya. Standar minimum diameter pipa untuk bathtub adalah 25 mm. Sedangkan pipa bak mandi, shower serta sink, diameter pipa standarnya adalah 15 mm.

  • Tipe alat pemanas

Selanjutnya tipe alat pemanas juga wajib diperhatikan ketika hendak memasang pemanas air tenaga solar. Terdapat dua jenis pemanas tenaga surya yang dapat diaplikasikan dan dapat digunakan sesuai kebutuhan. Kedua jenis itu adalah tipe terintegrasi dan tipe paralel. Khusus untuk tipe paralel, pipa yang diperlukan memang lebih panjang. Namun untuk tipe ini, mampu membuat air panas menjadi dingin kembali.

  • Pengaturan aliran air pada pipa

Terakhir, sangat perlu memperhatikan pengaturan aliran air pada pipa sebelum memasang pemanas air dengan memanfaatkan sinar matahari. aplikasikan stop keran di antara input dan output air panas. Dengan begitu, jika ada kemacetan atau masalah tidak perlu mematikan sumbernya.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa hal yang sangat perlu diperhatikan ketika hendak mengaplikasikan pertimbangan dalam memasang solar water heater. Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, tentunya kinerja pemanas air tenaga surya akan menjadi lebih optimal.

Sumber: intisolar.com