Apa Alasan Pemanas Air Tenaga Surya Bersuhu Tinggi Bagus?

Apa Alasan Pemanas Air Tenaga Surya Bersuhu Tinggi Bagus?

Alasan pemanas air tenaga surya bersuhu tinggi bagus banyak dipertanyakan oleh masyarakat. Khususnya bagi yang tertarik untuk menggunakan pemanas air bertenaga surya. Memang sudah banyak dibuktikan bahwa penggunaan pemanas air bertenaga matahari jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan pemanas bertenaga listrik atau gas. Keefektifan dan efisiensi pemanas bertanaga surya dapat dilihat dari berbagai aspek mulai dari biaya, keamanan dan kenyamanan penggunaan.

Penjelasan dan Alasan Pemanas Air Tenaga Surya Bersuhu Tinggi Bagus

Terdapat banyak sekali pertanyaan tentang mengapa solar water heater bersuhu tinggi memberikan dampak positif bagi penggunanya. Pemanas bersuhu tinggi menunjukkan bahwa unit tersebut menghasilkan kinerja yang bagus. Tak hanya berfungsi untuk meminimalisir kebutuhan air panas, namun juga dapat menyimpan air bersuhu tinggi jauh lebih lama. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingginya suhu air pada pemanas air tenaga surya seperti berikut ini.

  • Jenis dan bentuk panel kolektor

Dalam instalasi unit pemanas air tenaga matahari terdapat beberapa komponen pokok. Salah satunya adalah panel kolektor. Supaya pencapaian suhu air panas menjadi lebih maksimal, jenis dan bentuk panel kolektro sangatlah berpengaruh. Perlu diketahui bahwa terdapat dua jenis panel yang telah merambah di pasaran yakni panel tube atau tabung dan panel flat yang bentuknya datar. Jika dibandingkan, dari kedua jenis panel tersebut, panel tube atau tabunglah yang mampu menghasilkan suhu panas tinggi. Hal ini disebabkan karena panel tube dilengkapi dengan 3 lapisan berupa penerima, penyimpan dan penghantar panas. Sedangkan untuk jenis flat, panel yang paling baik digunakan adalah yang berwarna kebiruan. Penyerapan panas oleh panel ini jauh lebih efektif.

  • Curah sinar matahari

Karena pemanas air bertenaga matahari menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi utama, maka faktor yang sangat berpengaruh pada perolehan suhu adalah curah sinar matahari. semakin cerah cuaca, maka sinar matahari yang sipancarkan akan semakin banyak. Hal ini tentu membuat penyerapan sinar matahari juga semakin optimal dan membuat suhu yang dihasilkan semakin meningkat.

  • Jenis sisten pemanas air

Jenis sistem pemanas air yang diterapkan pada unit solar water heater juga sangat berpengaruh bagi kemampuan menghasilkan air dengan suhu tinggi. Dua jenis sistem pemanas air antara lain direct dan indirect yang masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya. Sistem direct membuat suhu dapat cepat bergerak naik namun penurunan suhu juga dapat terjadi sangat cepat. sedangkan indirect pencapaian suhu tidaklah terlalu panas namun dapat bertahan lama.

  • Kualitas isolator tangki

Faktor terakhir yang mempengaruhi adalah bahan pembuat isolator tangki. Jadi, semakin berkualitas bahan isolator dan semakin rapat aan membuat air bersuhu panas dapat tersimpan dalam kurun waktu yang lama.

Setelah menyimak penjelasan mengenai alasan pemanas air tenaga surya bersuhu tinggi bagus di atas, pastinya banyak dari Anda yang akan menjatuhkan pilihan pada unit pemanas air bertenaga matahari. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan beberapa faktor di atas supaya pemasangan unit pemanas air maksimal.

Oleh: intisolar.com

WhatsApp chat