Apa Saja Hal Yang Perlu Dipertanyakan Saat Beli Solar Water Heater

Apa Saja Hal Yang Perlu Dipertanyakan Saat Beli Solar Water Heater

Hal yang perlu ditanyakan saat beli solar water heater harus diketahui oleh masyarakat yang hendak mengaplikasikan unit ini untuk kepentingan pribadi atau komersial. Pemanas air bertenaga matahari menjadi sangat melejit dan berhasil mengungguli pemanas air tenaga listrik atau gas. Hal ini dikarenakan penggunaannya lebih hemat energi, lebih efektif dan efisien. Terlebih bagi para masyarakat Indonesia yang tinggal di negara tropis. Ketersediaan sinar matahari di Indonesia sangat melimpah.

Daftar Hal Yang Perlu Ditanyakan Saat Belu Solar Water Heater

Saat ini semakin banyak masyarakat yang lebih tertarik mengaplikasikan pemanas air tenaga matahari dibanding dengan jenis pemanas lainnya. hal ini tentu saja berbanding lurus dengan semakin banyaknya distributor yang berlomba untuk menyediakan produk pemanas air bertenaga surya terbaik. Namun, di tengah-tengah ramainya penawaran pemanas air tenaga surya oleh berbagai sales atau distributor, ketahui dahulu beberapa hal yang wajib ditanyakan atau dipastikan sebelum membeli seperti berikut.

  • Perhitungan besaran kapasitas sesuai kebutuhan

Utarakan besaran air panas yang dibutuhkan dalam sehari kemudian mintalah pihak distributor untuk menghitung kapasitas tangki yang tepat untuk digunakan. Jangan sampai membeli unit pemanas dengan tangki yang tidak sesuai ukuran kapasitasnya. Distributor yang erkualitas akan dengan mudah menghitungkan untuk konsumennya.

  • Harga sudah termasuk pemasangan atau belum

Cari tahu pula apakah harga yang ditawarkan sudah diakumulasikan dengan biaya pemasangan pemanas air tenaga matahari atau belum. Hal ini sangat penting untuk memperhitungkan total biaya yang diperlukan.

  • Pastikan jenis panel kolektor

Unit pemanas air tenaga matahari memiliki beberapa komponen penting yang mempengarui kinerjanya. Salah satu komponen penting adalah panel kolektor. Untuk itu, pastikan jenis panel kolektor yang digunakan oleh unit pemanas apakah jenis tube atau flat. Kemudian tanyakan berapakah rata-rata suhu yang dapat dihasilkan. 

  • Sistem kerja

Selanjutnya, pastikan sistem kerja yang ada pada solar water heater. Terdapat dua jenis sistem yang diterapkan pada pemanas air tenaga atahari yakni sistem indirect dan sistem direct. Mintalah salesmen untuk menjelaskan masing-masing sistem kerja tersebut berserta kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu, calon konsumen dapat mempertimbangkan poin negative dan positif atas penggunaan sistem kerja yang akan diterapkan.

  • Survey lokasi

Mintalah pihak distributor untuk melakukan survey lokasi supaya dapat mentetahui secara detail mengenai hal yang berkaitan dengan instalasi pemanas air tenaga matahari.

  • Berat pemanas air tenaga matahari

Mintalah informasi pula mengenai massa atau berat unit pemanas air tenaga matahari. hal ini akan berhubungan erat terhadap lokasi atau tepat dimana mesin, tangki dan panel akan diletakkan.

  • Lama garansi

Pastikan unit pemanas air tenaga matahari memperoleh garansi dan mintalah informasi tentang komponen apa saja yang masuk ke dalam garansi.

Jangan mudah percaya dengan penawaran sales yang belum tentu memiliki pengetahuan mendetail tentang produk yang ditawarkan. Beberapa hal yang perlu ditanyakan saat beli solar water heater di atas harus benar-benar diperhatikan. Apalagi untuk para calon konsumen yang masih awam dengan pemanas air tenaga surya.

Oleh: intisolar.com

WhatsApp chat