Artikel, News & Event

Apa Saja Jenis Perawatan Berkala Pemanas Air Tenaga Surya?

Apa Saja Jenis Perawatan Berkala Pemanas Air Tenaga Surya

Perawatan pemanas air tenaga surya sangatlah penting terlebih karena alat ini sudah menjadi salah satu inovasi dalam beberapa tahun terakhir untuk menjawab kebutuhan air panas. Dahulu pemanas air seringnya diaplikasikan di hotel atau rumah elit saja. Namun saat ini sudah banyak perumahan pibadi yang menggunakan mesin pemanas air untuk pemenuhan kebutuhan dari mulai mandi hingga kepeluan cuci. Manfaat mandi dengan air panas sangat baik bagi kesehatan nampaknya menjadi salah satu faktor peningkatan penggunaan pemanas ini.

Cara Perawatan Berkala Pemanas Air Tenaga Surya

Pemasangan mesin pemanas air bertenaga surya yang memiliki istilah keren solar water heater memberikan kinerja yang jauh lebih efektif dan efisien. Langkah perawatan yang pertama adalah dengan melakukan pemeriksaan secara berkala. Pemeriksaan sangat penting dilakukan untuk mengetahui kondisi pemanas secara keseluruhan. Beberapa komponen yang perlu diperiksa secara berkala antara lain.

  • Saluran air dan koneksi kabel

Komponen yang satu ini sangat wajib diperiksa untuk memastikan tidak adanya kebocoran cairan pada saluran pipa. Beberapa area yang rawan bocor harus disegel dengan baik dan ketat supaya tak terjadi kebocoran.

  • Katup

Pastikan pula katup pada pemanas air tenaga matahari dalam kondisi terbuka atau tertutup dengan benar.

  • Cairan penhantar panas

Selanjutnya periksalah apakah cairan pengahantar panas yakni air anti beku dengan kandungan mineral tinggi masih mencukupi atau tidak. Untuk penambahan cairan ini, sebaiknya serahkan pada sang ahli.

  • Bayangan yang mengganggu kolektor

Pemeriksaan juga perlu dilakukan pada bayangan yang mengganggu panel kolektor dalam menangkap panas matahari. Bayangan tersebut misalnya pohon yang terlalu tinggi dan rindang atau pengembangan bangunan. Lakukan relokasi tempat jika kolektor memang kesulitan dalam menangkap panas.

  • Kaca pada panel kolektor

Yang perlu diperiksa selanjutnya adalah kaca pada panel kolektor untuk melihat apakah masih dalam kondisi utuh. Segera ganti jika sudah menguning atau mengalami keretakan.

  • Komponen pendukung

Jangan lupa pula untuk memeriksa seluruh mur atau baut pada kolektor atau komponen lain. Pastikan semuanya dalam kondisi kencang.

  • Pompa atau blower

Pompa dan blower juga perlu diperiksa secara berkala apakah masih beroperasi dengan baik atau tidak. Pastikan pompa tidak mengeluarkan bunyi keras ketika beroperasi.

  • Tangki penyimpanan

Yang tak kalah penting pada pemeriksaan pemanas air tenaga surya adalah memastikan kondisi tangki penyimpanan yang bebas dari keretakan, korosi hingag kebocoran.

  • Melindungi komponen dari pembekuan

Perawatan yang tidak kalah penting pada sebuah perangkat pemanas air bertenaga matahari adalah melindungi seluruh komponen dari pembekuan. Langkah ini dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain mengaplikasikan isolasi kolektor dan pipa, mengeringkan kolektor dan pipa hingga menggunakan larutan antibeku sebagai cairan penyalur panas.

  • Mencegah korosi

Pencegahan korosi atau karat juga perlu dilakukan pada seluruh komponen pemanas air tenaga solar supaya dapat memberikan kinerja maksimal. Untuk mencegah munculnya karat, lakukan pembersihan rutin pada masing-masing komponen, jika perlu, aplikasikan cairan water softener atau larutan asam ringan seperti cuka.

Melalui penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa ternyata perawatan berkala pemanas air tenaga surya tidak sesulit yang dibayangkan. Kunci yang paling utama adalah selalu melakukan pengecekkan terhadap pemanas air secara rutin. Jangan menunggu hingga pemanas air mengalami kerusakan.

Sumber: intisolar.com