Artikel, News & Event

Apa Saja Keuntungan Solar Water Heater Pressure?

Keuntungan solar water heater pressure yang sangat banyak dapat menjadi sisi positif dari penggunaan pemanas air jenis ini. Seperti yang diketahui bahwa saat ini pemanas air bertanaga matahari telah banyak diaplikasikan oleh masyarakat negara tropis. Termasuk Indonesia yang memang memperoleh curah sinar dan panas matahari yang melimpah. Pemanas air tenaga solar adalah unit yang paling efektif dan efisien dibanding pemanas air tenaga listrik atau gas.

Daftar Keuntungan Solar Water Heater Pressure

Pemanas air bertenaga solar atau sinar matahari memiliki dua jenis sistem kerja. Sistem tersebut antara lain non pressure dan pressure. Untuk pemanas air bertenaga matahari pressure, maksudnya pemanas ini dilengkapi dengan pompa air yang dapat memaksimalkan daya aliran air menjadi lebih deras hingga ke penggunanya. Sudah banyak distributor pemanas air tenaga surya yang menawarkan unit pressure untuk diaplikasikan dengan berbagai keunggulannya. Beberapa keuntungan penggunaan solar water heater pressure antara lain.

  • Unit pemanas dapat diletakkan secara bebas

Berbeda dengan solater water heater non pressure, pemanas bertekanan ini dapat diletakkan jauh dari titik keran di kamar mandi atau ruangan lainnya. Hal ini dikarenakan adanya pompa air yang diterapkan pada unit ini. Jika unit non pressure harus diletakkan tak jauh dari titik air dan arahnya harus vertical. Berbeda dengan pemanas bertekanan atau pressure yang dapat tidak harus diletakkan tepat di atas kamar mandi atau lokasi titik keran. Jaraknya pun tidak dibatasi karena dapat diletakkan lebih dari 4 meter dari titik keran.

  • Tidak membutuhkan toren

Penggunaan pompa air juga dapat membuat pemasangan  solar water heater non pressure tidak lagi membutuhkan toren. Sudah menjadi rahasia umum jika toren dibandrol dengan harga yang tidak murah. Dengan pemasangan pompa air, dorongan air dari sumber air sampai ke tangki atau toren dan akhirnya sampai ke keran atau shower dapat secara langsung terjadi. Pompa air telah dibekali dengan komponen pendorong air yang optimal sehingga tak membutuhkan sistem penyimpanan air lagi, air yang dipompa dapat dialirkan langsung dari sumber ke titik-titik kerana tau shower.

  • Kucuran air deras maksimal

Yang lebih menggembirakan lagi, solar water heater pressure juga dapat memenuhi kebutuhan akan air panas dnegan optimal. Kucuran atau aliran air dengan pemanas air sistem ini sangat deras dan maksimal. Baik itu menggunakan media kerana tau shower. Jarang sekali ada kendala minimnya aliran air panas pada sistem pemanas ini karena memamg ada pompa air yang selalu diap bekerja mendorong aliran air sampai ke para penggunanya.

Ternyata terdapat banyak sekali keuntungan solar water heater pressure yang dapat diperoleh pada para pengguna pemanas air jenis ini. Semakin meningkatnya peminat pemanas air tenaga surya pressure, maka tidak heran jika distributor produk ini juga semakin banyak di berbagai area.

Oleh: intisolar.com