Arah Pemasangan Yang Tepat Pemanas Air Tenaga Surya

Arah Pemasangan Yang Tepat Pemanas Air Tenaga Surya

Arah Pemasangan Yang Tepat Pemanas Air Tenaga Surya

Pemanas air tenaga surya – Pemanas air bertenaga solar memiliki cara kerja yang hampir sama dengan jenis pemanas air lainnya yakni yang menggunakan energi listrik maupun gas. Yang membedakan hanyalah sumber energi yang digunakan serta proses instalasinya. Pemanas listrik dengan tenaga matahari dinilai jauh lebih aman karena lokasi peletakkan unitnya tidaklah di dalam ruangan. Pada umumnya, tenpat yang digunakan untuk meletakkan unit pemanas ini adalah di atas genting atau di tempat tinggi yang sengaja dipersiapkan.

Arah pemasangan yang tepat pemanas air tenaga surya

Tidak hanya lokasi atau posisi saja yang mempengaruhi kinerja pemanas air dengan energi sinar matahari. Arah pemasangannya pun juga sangat berpengaruh, berikut ini beberapa petunjuk arah pemasangan pemanas air tenaga matahari:

  • Arah selatan untuk Kawasan di atas garis khatulistiwa

Indonesia merupakan salah satu negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Keberadaan garis ini sangat berpengaruh pada arah pemasangan pemanas air dengan tenaga surya. Khusus bagi Kawasan yang berada di atas garis khatulistiwa, pemasangan pemanas air tenaga matahari sebaiknya berada di luar ruangan yang tertimpa langsung sinar matahari dan dihadapkan ke arah selatan. Dan sebaliknya, bagi daerah yang berada di Kawasan bawah garis khatulistiwa, arah pemasangan yang tepat adalah menghadap utara. Untuk menentukan arah pastinya supaya hasil pemanasan maksimal, gunakan kompas sehingga lebih akurat.

  • Lakukan pergeseran jika tidak bisa tepat mengarah ke utara atau selatan

Arah utara dan selatan merupakan dua arah terbaik untuk pemasangan pemanas air tenaga solar. Apabila memang terpaksa tidak dapat dihadapkan arah utara atau selatan, jalan satu-satunya adalah melakukan pergeseran. Pergeseran yang dilakukan tidak boleh sembarangan. Harus dengan hitungan yang tepat. Pergeseran yang boleh dilakukan adalah ke timur ataupun barat dengan batasan sudut maksimal 45 derajat. Perlu diingat, bahwa pergeseran ke arah timur atau barat dapat mengganggu kinerja pemanas air tenaga surya menjadi tidak maksimal.

  • Dipasang dengan kemiringan tertentu

Pemasangan pemanas air tenaga surya yang paling tepat adalah dengan kemiringan tertentu. Kemiringan yang paling tepat untuk instalasinya adalah 10 hingga 20 derajat dengan tumpuhan bidang datar.

  • Gunakan rangka besi untuk dudukan

Supaya tingkat kemiringan tidak mudah berubah, maka solar water heater membutuhkan rangka besi untuk menyangga atau dudukan supaya posisi tidak berubah. Rangka besi ini harus dibuat dengan teliti untuk memastikan kekuatannya.

  • Gunakan arah timur jika arah utara atau selatan tidak bisa

Apabila terpaksanya pemasangan tidak bisa dilakukan ke arah utara atau selatan, arah pemasangan pemanas air teaga surya adalah timur atau barat. Jika arah utara atau selatan kualitas panasnya tidak terbatas oleh waktu. Berbeda dengan arah barat dan timur. Pemasangan hadap timur penggunaan air panasnya lebih maksimal sebelum pukul 14.00. Untuk arah barat, penggunaan maksimalnya setelah pukul 14.00.

Arah pemasangan pemanas air tenaga surya sangat mempengaruhi kualitas dan lancarnya kucuran air panas bagi penggunanya. Ikuti beberapa petunjuk mengenai arah pemasangan di atas supaya supaya pemasangan aman dan berkualitas. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

Deskripsi: Karena sinar matahari sebagai sumber energi utamanya, pemanas air tenaga surya pasti diletakkan di luar ruangan. Bagaimana arah pemasangannya?

Tags: pemanas air tenaga surya, pemanas air tenaga matahari, pemanas air tenaga solar, solar water heater

 

Arah Pemasangan Yang Tepat Pemanas Air Tenaga Surya

WhatsApp chat