Artikel, News & Event

Cara Atasi Kulit Pecah-Pecah Dengan Pemanas Air Tenaga Surya

Pemanas air tenaga surya saat ini sudah umum diaplikasikan di berbagai tempat mulai dari rumah, hotel, restoran, pusat kebugaran dan masih banyak lagi. Dahulu mandi dengan air hangat hanya dapat dilakukan di hotel berbintang saja. Namun kini keberadaan pemanas air bertenaga surya memberikan kemudahan bagi masyarakat memperoleh air hangat untuk berbagai kebutuhan.

Cara atasi kulit pecah-pecah dengan bantuan pemanas air tenaga surya

Banyak orang khususnya wanita yang mengeluhkan kulit menjadi kering hingga pecah-pecah. Kulit pecah-pecah seringnya muncul di beberapa area tubuh yang memiliki tekstur kering dan agak mengeras seperti tumit. Kehadiran kulit pecah-pecah tentunya sangat mengganggu penampilan dan mengecilkan rasa percaya diri. Kecantikan dan kesehatan kulit memang cukup penting bagi penampilan seorang wanita untuk dapat tampil maksimal di berbagai kesempatan.

Kulit pecah-pecah tidak hanya dapat mengganggu penampilan namun juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman karena perihnya. Kulit pecah-pecah yang parah akan menyebabkan rasa perih hingga berdarah. Berikut ini terdapat beberapa cara mengatasi kulit pecah-pecah dengan bantuan air hangat dari pemanas air tenaga matahari:

1. Bersihkan tumit dengan batu apung

Langkah pertama adalah membersihkan tumit yang pecah-pecah menggunakan batu apung. Bersihkan tumit dengan gerakan batu apung yang memutar searah dengan arah jarum jam. Selain dapat membersihkan area tumit, cara ini juga mampu melancarkan peredaran darah.

2. Rendam kaki dalam air hangat

Setelah kaki khususnya tumit sudah benar-benar bersih, rendamlah kaki ke dalam air hangat yang berasal dari pemanas air bertenaga surya. Suhu yang paling tepat untuk digunakan adalah sekitar 40 derajat Celsius. Suhu yang terlalu tinggi justru dapat membuat kulit menjadi semakin kering. Lakukan perendaman dengan mencampurkan 3 tetes madu murni dan 5 tetes air perasan jeruk lemon. Kemudian rendam kaki selama 15 menit. Setelah itu bilas dan keringkan telapak kaki.

3. Olesi dengan minyak zaitun

Setelah direndam dengan air hangat dari pemanas air tenaga solar dan dikeringkan, langkah selanjutnya adalah mengolesi minyak zaitun pada area kulit kering, kasar atau pecah-pecah. Diamkan selama beberapa menit. Aplikasi minyak ini bertujuan untuk menjaga kelembaban kulit terutama tumit.

4. Mengaplikasikan masker

Secara rutin, aplikasikan masker khusus tumit yang terbuat dari berbagai bahan alami. Parut 4 siung bawang putih lalu ditambahkan sedikit air lalu aduk sampai jadi pasta. Aplikasikan masker tersebut pada tumit setiap malam dan bilas keesokan harinya.

5. Mengoleskan pelembab khusus

Agar kulit pecah-pecah lebih cepat sembuh, aplikasikan pelembab khusus yang mengandung AHA. Di mana kandungan tersebut dapat menjaga kelembaban kulit secara optimal. Usahakan untuk tidak menggunakan sepatu yang terlalu sempit khususnya untuk tumit.

Apabila beberapa cara yang disebutkan di atas termasuk melakukan terapi rendam kaki pada air hangat dari pemanas air tenaga surya dilakukan dengan rutin, maka hasilnya akan maksimal. Kaki akan terbebas dari yang namanya masalah kulit kasar atau bahkan pecah-pecah.

Oleh: intisolar.com