Cara Mandi Air Panas Yang Benar

Cara Mandi Air Panas Yang Benar

Cara Mandi Air Panas Yang Benar

Cara mandi air panas yang benar ternyata ada dan sangat disarankan untuk dilakukan. mandi air hangat kini sering dilakukan masyarakat khususnya ketika cuaca dingin. Saat badan terasa lelah dan letih selepas melakukan aktifitas sehari-hari atau bekerja, mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh kembali sear dan bugar lagi. Setelah beberapa saat memanjakan diri dengan mandi menggunakan air hangat malam harinya pasti akan dapat tidur lebih nyenyak.

Ikuti Cara Mandi Air Panas Yang Benar

Banyak orang yang mengatakan bahwa mandi dengan air hangat dapat mengganggu kesehatan kulit. Pendapat tersebut ternyata tidaklah benar. Bukan mandi air panas yang membuat elastisitas kulit menurun melainkan kebiasaan saat mandi air panas. Ikuti beberapa cara yang tepat saat mandi dengan air panas dari pemanas air tenaga surya.

  • Menggunakan sabun yang mengandung pelembab

Saat ini, pemanas air yang paling banyak digunakan adalah pemanas air tenaga matahari. jika dibandingkan dengan tenaga listrik atau gas, tenaga matahari jauh lebih hemat energi dengan perawatan yang sangat mudah. Namun, mandi dengan air hangat juga butuh cara yang tepat untuk dapat memetic manfaat bagi kesehatan. Cara yang pertama adalah dengan mengaplikasikan sabun yang tepat saat mandi atau berendam dengan air hangat. Sabun yang paling baik untuk digunakan ketika mandi dengan air panas adalah sabun yang mengandung pelembab atau moisturizer. Sabun dengan kandungan pelembab mampu membersihkan kulit secara maksimal dan menjaga kelembaban kulit. Sedangkan kebanyakan sabun yang terjual kini banyak mengandung detergen yang dapat mengikis minyak alami di lapisan kulit. Akibatnya kulit menjadi kering dan rusak.

  • Menambahkan minyak zaitun

Selain menggunakan sabun berpelembab, Anda juga dapat menambahkan minyak zaitun ke dalam air panas sebelum digunakan untuk berendam. Kandungan nutrisi di dalam minyak zaitun mampu mencegah dan mengatasi kulit kering. Supaya kelembaban selalu terjaga dan kulit semakin sehat, aplikasikan pula minyak zaitun ke seluruh permukaan kulit. Selain minyak zaitun, ANda juga dapat mengapliksikan berbagai jenis minyak alami atau minyak esensial lainnya.

  • Mandi dengan waktu yang tidak terlalu lama

Saat ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan solar water heater sebagai mesin pemanas air. Tak perlu lagi harus ke hotel atau penginapan untuk dapat menikmati mandi dengan air panas. Kini mandi dengan air panas pun telah dapat dengan mudah dilakukan di rumah. Meskipun Indonesia merupakan negara tropis, namun penggunaan pemanas air tenaga matahri sudah cukup banyak. Di saat musim hujan yang membuat cuaca menjadi tambah dingin membuat banyak orang memilih air panas untuk mandi dan memanjakan diri.  Cara tepat untuk mandi dengan air panas selanjutnya adalah dengann memperhatikan waktu mandi. Jangan mandi dalam waktu yang terlalu lama. Terlalu lama mandi atau berendam dengan air panas tanpa tambahan minyak zaitun atau minyak alami lainnya dapat membuat kulit menjadi keriput atau mengkerut. 

  • Berendam tidak terlalu lama

Tidak hanya mandi saja yang harus dipersingkat waktunya, namun berendam juga harus memperhatikan waktu. jika sudah terbiasa berendam hingga berjam-jam, mulailah kurangi waktu berendam menjadi kurang lebih 30 menit. akan lebih baik jika menambahkan minyak alami atau madu ke dalam air rendaman supaya kulit terjaga kesehatannya.

Mandi dengan air hangat ternyata tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Supaya faedah dan manfaat air hangat dapat maksimal bagi tubuh dan kesehatan, beberapa cara mandi air panas yang benar di atas sangat perlu dilakukan.

Sumber: intisolar.com

WhatsApp chat