Cara Manikur di Rumah Dengan Bantuan Pemanas Air Tenaga Solar

Cara Manikur di Rumah Dengan Bantuan Pemanas Air Tenaga Solar

Pemanas air tenaga solar kini sudah banyak dikenal dan diaplikasikan oleh masyarakat. Keberadaan pemanas jenis ini di rumah mampu mencukupi kebutuhan para anggota keluarga atas air hangat. Umumnya, mandi atau berendam dengan air hangat hanya dilakukan untuk membuat tubuh menjadi rileks dan menghindari stres. Air hangat sangat efektif membuka pori-pori kulit sehingga dapat membersihkan kotoran yang terjebak di dalamnya secara maksimal.

Cara manikur sendiri dengan bantuan pemanas air tenaga solar

Air hangat yang berasal dari solar water heater memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya mampu melancarkan peredaran atau sirkulasi darah sehingga berpengaruh positif bagi kesehatan jantung dan organ penting lainnya. Mandi atau berendam dengan air hangat ternyata juga mampu menjaga kesehatan kulit dan kuku.

Bagi yang hendak melakukan manicure sendiri di rumah tanpa harus membuang banyak uang, ikuti beberapa cara manicure mudah di rumah berikut ini:

1. Mencuci tangan sampai bersih

Pertama-tama, cucilah dahulu tangan dan kuku sampai bersih dengan cairan atau sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.

2. Membersihkan cat kuku

Bagi yang kukunya masih terdapat cat kuku, bersihkan cat kuku tersebut dengan cairan khusus pembersih cat kuku. Jangan gunakan cairan pembersih secara sembarang supaya tidak memberi dampak negatif. Cairan pembersih cat kuku yang paling direkomendasikan adalah nail remover yang sudah banyak tersedia di berbagai toko kosmetik.

3. Membersihkan kuku dengan sikat khusus manicure

Sebelum beranjak ke perendaman menggunakan air hangat dari pemanas air tenaga matahari, langkah selanjutnya adalah membersihkan kuku dengan sikat khusus manicure. Apabila tidak punya, Anda dapat menggantinya dengan sikat gigi namun dengan tekstur yang sangat halus dan lembut. Bersihkan kuku dari ujung sampai bagian bawah dengan menggosokkan sikat secara perlahan. Gerakannya harus searah.

4. Merendam tangan dan kaki dalam air hangat

Setelah kondisi tangan dan khususnya kuku menjadi benar-benar bersih, selanjutnya siapkan baskom lalu isi dengan air hangat dai pemanas air bertenaga surya. Bubuhkan sabun cair secukupnya serta air perasan jeruk nipi lalu aduk rata. Rendamkan tangan ke dalam air tangan tersebut selama 5-10 menit. Setelah itu, barulah angkat tangan dan keringkan menggunakan handuk sampai kering.

5. Merapikan kuku

Setelah merendam tangan dalam air hangat dari pemanas air tenaga surya, selanjutnya adalah merapikan kuku. Potong kuku yang terlalu panjang atau rapikan kuku dengan hati-hati, anda juga dapat membentuk kuku.

6. Mengoleskan beberapa cairan

Langkah yang selanjutnya adalah mengoleskan penghilang kutikula pada kuku lalu dorong dengan cuticle pusher.

7. Mengoleskan krim khusus

Setelah kuku terbebas dari kutikula, oleskan krim khusus pada permukaan kuku dan tangan. Diamkan selama 10 menit sampai krim benar-benar meresap.

8. Mengoleskan base coat

Lalu oleskan base coat ke permukaan kuku supaya aman setelah diaplikasikan kuteks nantinya. Barulah olesi cat kuku pada masing-masing permukaan kuku. Setelah kering, lapisi dengan top coat supaya cat kuku awet tidak mudah mengelupas.

Ternyata keberadaan pemanas air tenaga solar di rumah tidak hanya mencukupi kebutuhan air panas untuk mandi saja. Ada berbagai hal yang dapat dilakukan dengan air hangat khususnya untuk kecantikan dan kesehatan layaknya manikur yang dijelaskan di atas.

Oleh: intisolar.com

Cara Manikur di Rumah Dengan Bantuan Pemanas Air Tenaga Solar

WhatsApp chat