Cara Memasang Shower Air Panas Yang Baik dan Benar

Cara Memasang Shower Air Panas

Cara Memasang Shower Air Panas Yang Baik dan Benar

Cara memasang shower air panas memang tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Mandi dengan shower dahulu hanya dapat dilakukan di hotel atau penginapan elit. Shower juga hanya dapat dengan mudah ditemukan di beberapa kamar mandi rumah elit. Namun kini shower sudah banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Pemasangan perangkat peralatan shower tidak memakan waktu dan biaya yang banyak.

Keuntungan Mandi Menggunakan Shower Jadi Pilihan Bijak

Dari sekian banyak jenis pemanas air, pemanas air tenaga surya merupakan pilihan yang paling tepat. Selain rangkaiannya mudah, penggunaan pemanas air tenaga matahari juga dapat menghemat energi. Berikut beberapa keuntungan mandi menggunakan air panas dari shower:

  • Dapat diaplikasikan di kamar mandi mini

Keuntungan menggunakan shower air panas yang pertama adalah dapat diaplikasikan di kamar mandi segala ukuran. Baik itu di kamar mandi dengan ukuran kecil maupun besar, shower dapat diaplikasikan dengan mudah. Tinggal ukuran diameter dan model shower saja yang harus disesuaikan.

  • Lebih higienis

Air yang ditampung dalam ember atau bak mandi lebih rawan memiliki endapan kotoran atau lumpur di bagian bawahnya. Hal ini tentu tidak akan terjadi jika menggunakan shower. Air akan lebih terjamin kebersihan dan kehigienisannya.

  • Lebih hemat air

Mandi menggunakan shower air panas juga dapat lebih menghemat penggunaan air. Berbeda jika menggunakan gayung, pengambilan air menjadi lebih tak terkontrol.

  • Mudah mengatur suhu

Dengan shower air panas juga dapat memudahkan pengguna yang ingin menggunakan air panas maupun dingin. Pengguna hanya tinggal memilih kran air dingin atau panas.

Cara Memasang Shower Air Panas

  1. Apabila di rumah telah memiliki solar water heater, maka tinggal sambungkan saja pipa khusus untuk output atau keluaran yang diarahkan ke keran air. Perhatikan kualitas pipa supaya tahan lama.
  2. Pasang kran khusus untuk air dingin dan panas yang penggunaannya terpisah. Jika salah satu kran rusak, salah satu krannya masih dapat digunakan.
  3. Aplikasikan dua buah stop kran pada masing-masing kran. Stop kran logam untuk pipa air panas dan stop kran plastic untuk pipa air dingin.
  4. Sediakan pipa fleksibel dengan ukuran 25-30 cm serta pipa T ukuran 12 inchi yang punya nipple atau ujung.
  5. Siapkan pula seal tape dan kunci inggris serta kunci pas.
  6. Sebelum melakukan pemasangan, matikan terlebih dahulu aliran air dari sumber dan aktifkan stop kran.
  7. Pasanglah seal tape pada masing-masing drat dengan ukuran lapisan yang agak tebal kemudian pasanglah dua stop kran yang telah terpasang pada sock drat dinding kamar mandi.
  8. Lalu aplikasikan pipa T logam pada stop kran air panas.
  9. Kemudian sambungkan pipa fleksibel di kedua ujung stop kran kemudian kencangkan dengan kunci inggris agar tidak merembes.
  10. Lalu pasanglah selang shower dan ujungnya lalu dipasang pada dinding kamar mandi.
  11. Shower air panas pun siap digunakan sesuka hati. Namun jangan lupa untuk menghidupkan sumber air.

Demikianlah penjelasan mengenai keuntungan penggunaan shower air panas serta cara memasang shower air panas yang tepat.

Sumber: intisolar.com

WhatsApp chat