Cara Membuat Pemanas Air Tenaga Matahari Sendiri

Cara Membuat Pemanas Air Tenaga Matahari Sendiri

Cara membuat pemanas air tenaga matahari sendiri ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Kebutuhan air panas saat ini semakin meningkat termasuk bagi masyarakat awam. Secara konvensional, pemenuhan air panas dilakukan dengan merebus air hingga mendidih lalu menggunakannya. Namun saat ini pemenuhan kebutuhan air panas dapat dilakukan dengan mengaplikasikan pemanas air tenaga solar atau matahari.

Cara Membuat Pemanas Air Tenaga Matahari Sendiri

Mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh terasa rileks setelah seharian beraktifitas. Cara yang paling mudah dalam menikmati kucuran air hangat adalah dengan pemanas air tenaga surya. Namun supaya lebih hemat mesin pemanas air dapat dibuat sendiri di rumah. Cara membuatnya pun mudah dan cukup ekonomis.

Alat dan Bahan Yang Perlu Disiapkan

Untuk membuat pemanas air tenaga matahari sendiri di rumah, beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • 20 buah penyambung pipa T
  • 8 batang pipa yang terbuat dari tembaga atau aluminium berukuran 0,3 inchi
  • 4 buah knee
  • 3 karung sekam padi atau ijuk
  • 1 helai seng
  • 1 buah kran dari bahan tembaga
  • 1 buah drum plastic ukuran 175 liter
  • 1 buah drum plastic dengan ukuran lebih dari yang atas
  • 1 kaleng cat minyak berwarna hitam doff
  • 1 unit mesin las aluminium atau tembaga

Langkah-langkah Pembuatan

Setelah beberapa alat dan bahan di atas sudah dipersiapkan, selanjutnya adalah masuk ke tahapan-tahapan pembuatan. Berikut ini adalah beberapa langkah pembuatan solar water heater.

1. Membuat pemanas air dasar

Langkah pertama adalah dengan membuat pemanas air dasar. Pembuatan alat pemanas air sederhana dilakukan dengan pembuatan heat collector dan termos. Heat collector dapat dibuat dengan beberapa pipa yang dirangkai atau disambung sedemikian rupa. Fungsi dari heat collector ialah sebagai area memanaskan air. Untuk komponen thermos adalah sebagai penampung air panas. Dapat disimpukan cara kerja kedua komponen ini adalah air dialirkan dari tangki penampung kemudian akan melalui heat collector perlahan. Jadi, suhu panasnya akan terjaga. Air yang sudah panas tersebut lalu dikumpulkan ke dalam thermos.

2. Membuat heat collector

Selanjutnya adalah membuat heat collector. Komponen ini dibuat dari susunan beberapa pipa dari tembaga atau aluminium yang dijadikan satu. Sesuaikan ukuran heat collector dengan area atas atap rumah yang dijadikan sebagai tempat meletakkan heat collector. Perlu diketahui bahwa semakin besar ukuran heat collector semakin  besar pula kapasitas air yang dapat dipanaskan. kemudian warnai heat collector yang telah jadi dengan cat minyak warna doff untuk mengoptimalkan penyerapan panas.

Dengan melakukan beberapa cara membuat pemanas air tenaga matahari sendiri di atas, kepemilikan pemanas air bertenaga surya pasti menjadi jauh lebih mudah. Biaya pembuatan pun menjadi jauh lebih ekonomis dibandingkan mengaplikasikan pemanas air dari distributor.

Sumber: intisolar.com

WhatsApp chat