Artikel, News & Event

Cara Mengaplikasi Pemanas Air Tenaga Surya di Rumah

Pemanas air tenaga surya merupakan pilihan varian pemanas air paling tepat untuk digunakan. Dahulu mandi air hangat hanya dapat dilakukan di hotel berbintang saja. Namun kini seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati mandi air hangat di rumah dengan memasang pemanas air bertenaga matahari yang sangat efektif, ekonomis dan hemat energi.

Cara memasang pemanas air tenaga surya di rumah

Sama seperti jenis pemanas lainnya, pemanas air bertenaga surya membutuhkan beberapa prosedur pemasangan yang perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa tips dan cara pemasangan solar water heater di rumah:

1. Menentukan peletakan unit pemanas dan kran air hangat

Langkah pertama sebelum pemasangan pemanas air bertenaga surya adalah menentukan terlebih dahulu area peletakan unit pemanas air dengan kran di mana air hangat dialirkan bagi para penggunanya. Beberapa area yang baisa digunakan sebagai tempat aliran kran bagi pengguna antara lain kamar mandi, dapur hingga wastafel. Sedangkan unit mesin serta tangki penampung air pada solar water heater terletak secara terpisah dengan kran alirannya. Unit dan tangki biasanya diletakkan di atas atap rumah. Hal ini bertujuan supaya kolektor pemanas air tenaga matahari dapat menangkap sinar matahari sebagai sumber tenaga utama secara maksimal. 

2. Memilih kapasitas pemanas air bertenaga surya

Setelah posisi atau lokasi di mana kran dan unit serta tangki akan dipasang, saatnya untuk menentukan kapasitas pemanas air bertenaga surya yang hendak digunakan. Hal ini berhubungan dengan kapasitas tangki yang hendak diaplikasikan. Terdapat beberapa jenis tangki dengan beragam kapasitas mulai dari 100 liter untuk pengguna 2 sampai 4 orang dan 300 liter untuk pengguna yang berjumlah 5 sampai 7 orang.

3. Memilih material tepat

Selanjutnya pilihan material komponen dan unit pemanas air tenaga surya yang tepat dan berkualitas. Komponen yang berkualitas tentu saja akan membuat masa pakai pemanas air menjadi semakin tahan lama. Sebaiknya pilih bahan pipa maupun tangki yang terbuat dari material anti panas dan anti korosi. Setiap hari komponen tersebut akan dilewati air panas sehingga ketahanannya sangat perlu terjamin. Material polypropylene nampaknya jadi pilihan yang tepat.

4. Melakukan instalasi atau penghubungan unit dengan pipa

Terakhir, masuk pada pemasangan atau instalasi unit dengan pipa pemanas air bertenaga surya. Setelah unit terpasang di atas atap, lalu sambungkan dengan pipa yang menyediakan air bersih kemudian lubangi bagian output menuju pipa instalasi air panas yang siap disalurkan pada pengguna.

Ternyata proses pemasangan pemanas air tenaga surya justru lebih mudah dan sederhana dibanding pemasangan jenis pemanas air lainnya. Pemanas ini juga lebih mendukung gerakan hemat energi untuk mengurangi pemanasan global karena menggunakan sinar matahari sebagai sumber tenaga utamanya.

Oleh: intisolar.com