Cara Merawat Pemanas Air Tenaga Solar Dari Dalam dan Luar

Cara Merawat Pemanas Air Tenaga Solar Dari Dalam dan Luar

Cara Merawat Pemanas Air Tenaga Solar Dari Dalam dan Luar

Cara merawat pemanas air tenaga solar dari dalam dan luar harus diketahui supaya pemanas air hemat tenaga ini dapat bekerja maksimal. Jika dibandingkan dengan pemanas air sebelumnya yakni bertenaga listrik dan gas, pemanas air tenaga solar jauh lebih hemat energi. Pemanas ini hanya menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi utama. Yang mana sinar matahari merupakan sumber daya alam yang bisa diperbarui. Tidak seperti pemanas lain yang menggunakan listrik dan gas sebagai sumber tenaga utama.

Cara Merawat Pemanas Air Tenaga Solar Dari Dalam dan Luar

Pemanas air tenaga matahari tentu membutuhkan perawatan rutin untuk dapat bekerja maksimal. Dibandingkan dengan pemanas air lainnya, pemanas air tenaga surya tidaklah memakan biaya tinggi untuk perawatannya. Perawatan perlu dilakukan dari dalam dan luar. Berikut ini adalah beberapa cara atau langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan perawatan pemanas air tenaga matahari dari dalam.

  • Menguras tangki

Langkah pertama dalam merawat pemanas air tenaga solar dari dalam dengan melakukan pengurasan tangki. Selain tangki, panel kolektor juga perlu dikuras supaya terbebas dari kerak atau endapan kotoran. proses pengurasan tangki serta panel kolektor tentu harus dilakukan denfab prosedur yang benar. Dengan begitu, tidak ada masalah yang muncul dikemudian hari. Beberapa langkah pengurasan ialah sebagai berikut.

  1. Memutuskan hubungan listrik dari alat atau mesin pemanas air tenaga matahari. pastikan seluruh arus listrik diputus terlebih dahulu.
  2. Kemudian tutuplah stop kran yang terpasang pada masing-masing pipa khususnya pada bagian intlet.
  3. Setelah itu, barulah kuras tangki pemanas air dengan membuka semua dop yang terdapat pada bagian bawah panel kolektor. Jangan lupa untuk melepas pula bagian valve.
  • Pasang kembali dop dan valve

Setelah air berhasil dikeluarkan atau dikuras bersih, tunggu hingga kurang lebih 30 menit barulah pasang kembali seluruh dop serta valve yang tadinya dilepas.

  • Panaskan saluran air dalam panel kolektor

Setelah dop dan valve selesai dipasang, lalu panaskan saluran dalam panel kolektor. Cara ini dilakukan dengan cara menjemur panel kolektor tersebut di bawah sinar matahari selama 1 ½ hingga 2 jam.

  • Mengisi ulang tangki

Barulah isi kembali tangki pemanas dengan air setelah panel kolektor berhasil dipanaskan. Tangki yang telah dikuras akan kembali bersih dan terbebas dari endapan.

Setelah dibersihkan dari dalam, mesin solar water heater juga perlu dirawat dari luar. Beberapa langkah pembersihan atau perawatan pemanas air dari luar ialah sebagai berikut.

  • Membersihkan panel kolektor

Perawatan pemanas air dari luar yang pertama adalah dengan membersihkan panel kolektor. Pembersihan panel kolektor dilakukan menggunakan sabun detergen atau cairan pembersih kaca. Seletah dibersihkan dengan bahan tersebut, bilaskan panel kolektor tersebut hingga bersig kemudian dilap dengan kain halus hingga kering dan tidak mengandung air. Supaya lekas kering, ANda juga dapat menempatkan panel kolektor di tempat yang memiliki curah angina atau sinar matahari tinggi.

  • Memeriksa seluruh sambungan

Setelah membersihkan panel kolektor, periksalah semua sambungan mulai dari pipa hingga jalur kelistrikannya. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui dan mengatasi kebocoran apabila ada. Pengecekan ini juga dilakukan untuk memastikan seluruh pipa dan arus kelistrikan masih bekerja secara normal dan maksimal.

Setelah membaca uraian di atas, dapat diketahui bahwa cara merawat pemanas air tenaga solar dari dalam dan luar dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Supaya lebih terawat, sebaiknya lakukan servis oleh tenaga ahli secara rutin dan berjangka. Minimal satu kali dalam 2 atau 3 bulan di samping melakukan perawatan seperti yang dijelaskan di atas.

Oleh: intisolar.com

WhatsApp chat