Daftar 5 Instalasi Pelengkap Solar Water Heater

Daftar 5 Instalasi Pelengkap Solar Water Heater

Instalasi pelengkap solar water heater – Menyusul kemunculan pemanas air tenaga listrik dan gas, solar water heater merupakan mesin pemanas paling hemat energi. Dalam prosesnya, pemanas jenis ini hanya membutuhkan sinar matahari yang tersedia melimpah sebagai sumber energi utama. Penghematan energi ini dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya global warming.

Instalasi pelengkap solar water heater yang harus dipasang

Dalam proses pemasangannya, pemanas air tenaga matahari tidak dapat berdiri sendiri. Mesin pemanas air ini membutuhkan dukungan dari beberapa jenis instalasi yang lainnya antara lain:

  • Pompa dorong

Jika unit pemanas air tenaga matahari diletakkan bukan pada water toren, maka pemasangan pompa dorong tidak perlu dilakukan. Namun apabila pemanas air dengan tenaga surya diletakkan lebih tinggi dari sumber air yang berada di water toren, maka pompa dorong sebagai instalasi tambahan sangat dibutuhkan.

Pemberian pompa dorong dalam hal ini bertujuan untuk meningkatkan proses sirkulasi air bersih yang masuk ke dalam unit pemanas air tenaga sinar matahari. Dengan begitu, air panas akan mampu keluar dengan deras dan kencang. Pompa dorong yang diperlukan hanya 100 hingga 125 watt saja tidak lebih.

  • Pipa air panas

Isntalasi pelengkap selanjutnya adalah pipa air panas atau yang lebih dikenal sebagai plumbing. Pemasangan pipa air panas sangat diperlukan pada bangunan yang sedang mengalami konstruksi bangunan yang ada pada tahap awal atau renovasi. Pipa air panas pada pemasangan pemanas air tenaga surya berfungsi sebagai sarana penyaluran air panas dari mesin pemanas menuju ke titik-titik keran pemakaian. Jenis pipa air panas yang tepat untuk digunakan asalah PPR atau Polyphopeline Random.

  • Pipa air dingin

Selain pipa air panas, instalasi pelengkap yang juga dibutuhkan adalah pipa air dingin. Instalasi pipa ini sangat dibutuhkan untuk menyuplai kenutuhan air bersih yang dibutuhkan dari sumber air sampai ke alat pemanas air tenaga matahari.

  • Rangka dudukan

Proses pemasangan pemanas air tenaga solar juga membutuhkan instakasi pelengkap berupa rangka dudukan. Unit dudukan ini digunakan untuk menopang unit pemanas air dengan tenaga surya jika lokasi unit pada genting tidak memungkinkan. Genting yang kurang kokoh atau posisinya kurang pas tidak aman jika digunakan sebagai tempat pemasangan unit pemanas air. Untuk itu, keberadaan dudukan sangat dibutuhkan. Untuk bentuk dan modifikasi dudukan dapat disesuaikan dengan jenis unit.

  • Kabel listrik

Terakhir, dalam pemasangan unit pemanas air menggunakan tenaga matahari juga membutuhkan kabel listrik. Ini buka berarti unit ini menggunaan energi listrik sebagai sumber utama. Sumber energi utamanya adalah sinar matahari. Hanya saja diperlukan kabel listrik untuk proses back up atau semacam energi cadangan. Ini akan bekerja jika sinar matahari kurang maksimal saat cuaca hujan.

Seperti produk lainnya, instalasi pelengkap solar water heater atau pemanas air tenaga surya sangat diperlukan agar kinerja pemanas air tenaga surya dapat berjalan dengan lancar.

Sumber: intisolar.com

WhatsApp chat