Artikel, News & Event

Intisolar Menjawab Kebutuhan Solar Water Heater Untuk Semua

Kebutuhan solar water heater untuk semua sudah menjadi hal yang sangat umum untuk saat ini. Kebanyakan, satu unit pemanas air tenaga matahari hanya digunakan untuk satu unit ruangan saja. hal ini yang sering terjadi pada pemasangan pemanas air tenaga matahari di rumah-rumah pribadi. Jadi, untuk menyuplai kebutuhan air panas atau hangat di rumah, mereka menggunakan satu unit pemanas air dan hanya dapat dinikmati di salah satu kamar mandi saja.

Kapasitas Tangki Besar Memenuhi Kebutuhan Solar Water Heater Untuk Semua

Keran atau ketersediaan air panas hanya di dalam satu kamar mandi saja pasti membuat anggota yang hendak menggunakan merasa kesulitan. Sebenarnya masalah ini dapat diselesaikan dengan cara tersendiri. Pemasangan satu unit pemanas air tenaga surya saja hanya dapat menyuplai kebutuhan satu keran atau ruangan saja. namun hal ini dapat diatasi dengan mengaplikasikan tangki. Biasanya mesin emanas hanya berdiri sendiri untuk menyuplau kebutuhan air panas.

Namun dengan mengaplikasikan tangki, pemenuhan kebutuhan air panas akan dapat lebih maksimal. Hal ini dikarenakan dapat dipasangi beberapa titik  keran air. Terdapat berbagai macam jenis tangki jika dilihat dari ukuran atau kapasitas tampungannya. Satu tangki dapat menyuplai lebih dari satu kamar mandi. Jadi, jika di rumah tersedia lebih dari satu kamar mandi, seluruh unit kamar mandi dapat disuplai air panas untuk berbagai kebutuhan.

Ketersediaan tangki pada unit pemanas air sangat beragam. Mulai dari yang berkapasitas 15 sampai dengan 100 liter yang penggunaanya dapat disesuaikan kebutuhan. Bagi yang membutuhkan aliran air panas di 2 titik keran saja, tangki berkapasitas 30 hingga 50 liter sudahlah memenuhi. Namun bagi pengguna solar water heater yang mengehndaki pemenuhan air panas bagi lebih dari dua kamar mandi, tangki yang dibutuhkan adalah yang berkapasitas 100 liter.

Unit pemanas air tenaga surya mampu menembus suhu lebih dari 60 derajat. Kisaran rata-rata suhu maksimal yang dapat dicapai oleh water heater solar mencapai 90 derajat celcius. Angka ini tentu sangat jauh di atas pemanas air dengan tenaga lsitrik ataupun gas. Hal ini menjadi kelebihan pemanas air tenaga matahari. kelebihan yang lain adalah data menghemat energi. Dengan penggunaan air panas dalam ukuran sedikit saja nantunya sudah dapat menyuplai atau memenuhi kebutuhan banyak kamar mandi.  

Dapat ditarik kesimpuan bahwa untuk pemasangan tangki berkapasitas 100 liter, suplai air panas yang dapat terpenuhi adalah untuk 4 hingga 8 orang. Untuk itu, pemsangan tangki pada pemanas air bertenaga matahari sangat cocok diterapkan di pernginapan atau kost-kostan yang punya banyak kamar mandi.

Pemasangan atau penggunaan tangki dengan kapasitas yang lebih besar seperti yang dijelaskan di atas menjadi jalan keluar terbaik dalam memenuhi kebutuhan air panas. Jadi, dengan bertambahnya kapasitas air di dalam tangki, kebutuhan solar water heater untuk semua menjadi terealisasikan.

Oleh: intisolar.com