Jenis Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater)

Jenis Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater)

Jenis Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater)

 

Jenis pemanas air tenaga surya – Solar water heater nampaknya menjadi pilihan pertama untuk sistem pemanas air yang ramah lingkungan, aman, dan hemat. Apalagi di kota-kota besar, sistem seperti ini lebih disukai karena biayanya yang tidak terlalu mahal sebab tenaga surya bisa didapatkan secara gratis. Di pasaran sendiri ada berbagai macam jenis dan merk pemanas air dengan tenaga matahari/ surya. Tapi secara umum terdapat 2 jenis solar water heater sebagai berikut.

2 jenis pemanas air tenaga surya

  1. Pemanas air tenaga surya aktif

Pemanas ini memanfaatkan tenaga surya untuk memanaskan air, hanya saja dalam distribusi air panas dan air dingin tetap memakai bantuan daya listrik khususnya pada perangkat kontrol otomatis dan pompanya. Jenis pemanas air tenaga matahari ini biasanya lebih dibutuhkan untuk keperluan pemasangan pada gedung-gedung besar seperti hotel, rumah sakit, dan apartemen. Ukuran tangkinya juga lebih besar dengan komponen pendukung yang lebih kompleks. Saat musim penghujan atau cuaca mendung tak ada sinar matahari, maka pemanas tetap bekerja karena sudah dilengkapi dengan sistem pemanas tambahan yang dibantu dengan listrik maupun gas.

  1. Pemanas air tenaga surya pasif

Sedikit berbeda dengan pemanas air tenaga surya aktif, jenis solar water heater satu ini juga menggunakan tenaga surya namun mesin tidak memerlukan bantuan energi lainnya dalam proses pemanasan air seperti listrik atau gas. Artinya pemanas air tenaga matahari pasif memakai 100 persen solar. Pemanas semacam ini memerlukan tabung/ tangki penyimpan air dan panel kolektor yang terhubung dengan dua pipa.

Apa fungsinya? Pada panel konektor tersebut terdapat penutup kaca yang nanti gunanya menangkap sinar matahari. Di dalam panel ini masih terdapat rangkaian pipa tembaga sebagai jalur airnya yang dibalut absorber atau penyerap panas. Tabung air sendiri fungsinya seperti termos yang digunakan untuk menyimpan air panas agar tahan lama.

Cara kerja pemanas air ini nanti panel kolektor akan menangkap panas dari sinar matahari kemudian dialirkan ke pipa-pipa tembaga yang berisi air. Setelah suhu air di dalamnya meningkat dan jadi panas, maka air panas tersebut akan bergerak dan mengisi tabung air. Air baru yang masih dingin akan bergerak menuju ke pipa-pipa tembaga untuk dipanaskan dan begitu proses terus berlanjut. Air akan bergerak sendiri sampai seluruh air yang ada di dalam tabung mencapai suhu panas yang diinginkan. Air akan segera berhenti mengalir saat suhu air panas di tabung penyimpanan sama dengan suhu air panas panel kolektor.

Pemasangan panel surya biasanya diletakkan di atap rumah agar lebih gampang dalam mendapatkan sinar matahari langsung yang banyak. Demikian jenis pemanas air tenaga surya yang perlu Anda tahu sesuai dengan kebutuhannya.

 

Deskripsi: Sebelum Anda memilih untuk membeli solar water heater, ketahui terlebih dahulu perbedaan dari dua jenis pemanas air tenaga surya berikut ini!

Tags: jenis pemanas air tenaga surya, jenis pemanas air tenaga matahari, jenis solar water heater

Jenis Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater)

WhatsApp chat