Artikel, News & Event

Kelebihan Pemanas Air Tenaga Matahari Ramah Lingkungan

Pemanas air tenaga matahari ramah lingkungan – merupakan sebuah unit alat yang menerapkan prinsip kerja dengan menahan serta mengumpulkan panas matahari lalu energinya didistribusikan untuk memanaskan air. Alat ini tidak hanya bekerja ketika ada sinar matahari saja. Akan tetapi alat ini mampu menampung air panas dan mempertahankan suhunya hingga jangka waktu ke depan meski cuaca sedang tidak ada sinar matahari terik.

Kelebihan menggunakan pemanas air tenaga matahari ramah lingkungan

Jika dahulu mandi air panas atau hangat hanya bisa dilakukan di hotel, saat ini dapat dilakukan di rumah. Hal ini dapat terwujud dengan mengaplikasikan solar water heater yang ramah lingkungan. Berikut daftar keuntungan menggunakan pemanas air tenaga surya ramah lingkungan:

  • Tidak menghasilkan polutan negatif

Keunggulan penggunaan pemanas air tenaga surya yang pertama adalah tidak menghasilkan polutan negatif. Pada umumnya, pemanas air tenaga listrik atau gas dapat menghasilkan zat karbondioksida yang mampu mencemari lingkungan. Polutan udara ini memberikan dampak negatif tidak hanya bagi kesehatan manusia namun kehidupan makhluk hidup secara keseluruhan. Berbeda dengan Pemanas air tenaga matahari yang memang lebih sehat dan lebih aman. Hasil karbondioksida pada unit pemanas air dari tenaga surya sangat minim sehingga tidak berdampak buruk.

  • Hemat energi

Sesuai dengan Namanya, pemanas air dengan tenaga matahari menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi utamanya. Meskipun tetap membutuhkan energi listrik, namun sangat minim sekali. Ketika pasokan sinar matahari mencukupi atau melimpah, unit pemanas air ini tidak lagi membutuhkan energi listrik untuk dapat memproduksi air panas. Hal ini tentu membuat solar water heater menjadi lebih hemat energi.

Sinar matahari merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui sehingga penggunaannya tidaklah terbatasi. Berbeda dengan pemanas air tenaga listrik atau gas dimana listrik dan gas tergolong dalam sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Penggunaan sumber daya alam tak dapat diperbarui dapat memicu pemanasan global.

  • Suplai air panas sepanjang tahun

Keuntungan penggunaan pemanas air tenaga solar selanjutnya adalah suplai air panas dapat diberikan sepanjang tahun. Khusus negara tropis termasuk Indonesia yang mendapat pancaran sinar matahari yang melimpah. Dengan begitu, tidak ada masalah bagi para penggunanya untuk dapat memperoleh air panas dari unit pemanas air tenaga matahari.

Suplai atau penyediaan air panas yang dapat terjadi sepanjang tahun atau dalam kurun waktu selama mungkin dikarenakan sistem kerja unit pemanas ini berjalan sepanjang tahun. Kalaupun ketika mendung atau hujan yang cukup intens, penampang atau kolektor panas matahari tetap bekerja. Jika terpaksanya tidak dapat mendapatkan sinar matahari sedikit pun, sistem boiler masih dapat berjalan dengan memanfaatkan tenaga listrik.

Ternyata keuntungan mengaplikasikan pemanas air tenaga matahari ramah lingkungan sangat baik. Selain dapat menghemat energi, air panas juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Sumber: intisolar.com