Kenapa Menggunakan Pemanas Air Tenaga Surya di Kamar Mandi

Kenapa Menggunakan Pemanas Air Tenaga Surya di Kamar Mandi

Kenapa Menggunakan Pemanas Air Tenaga Surya di Kamar Mandi

Solar water heater dahulu hanya dapat ditemukan di hotel atau penginapan elit. Namun saat ini pemanas air telah dapat diaplikasikan di rumah-rumah pribadi. Lalu kenapa rumah Anda perlu menggunakan pemanas air tenaga surya di kamar mandi? Kebutuhan air panas mulai dari mandi hingga keperluan mencuci. Terlebih untuk keperluan mandi, air panas memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Mandi dengan air hangat mampu menjaga kesehatan kulit, memaksimalkan kesehatan tulag dan sendi serta masih banyak lagi.

Alasan Menggunakan Pemanas Air Tenaga Surya di Kamar Mandi

Adapun beberapa alasan mengapa produk pemanasair bertenaga matahari merupakan piloihan yang paling tepat di antara jenis pemanas alinnya yakni listrik dan gas.

  • Tenaga surya tak akan pernah habis

solar water heater merupakan pemanas air yang memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi utama. Telah menjadi pengetahuan umum jika sinar matahari merupakan sumber daya alam yang tidak akan pernah habis karena selalu dapat diperbarui. Berbeda dengan pemanas air tenaga listrik atau gas yang menggunakan sumber daya alam tidak dapat diperbarui. Anak cucu pada generasi mendatang tentunya akan membutuhkan listrik dan gas untuk dapat bertahan hidup. Apabila sumber daya tersebut banyak dihambur-hamburkan, bagaimana nasib generasi penerus kelak? Untuk itu, penggunaan pemanas air bertenaga surya lebih direkomendasikan.

  • Lebih hemat pengeluaran

Seperti yang telah diketahui bahwa biaya pembayaran listrik dan gas semakin hari semaki meningkat. dengan menggunakan pemanas air tenaga matahari, maka akan lebih hemat pengeluaran. Tagihan listrik ataupun gas setiap bulannya tidak akan membengkak. Memang pemanas air bertenaga surya juga membutuhkan listrik. Namun kolektor lstrik hanya akan bekerja jika suplai sinar matahari tidak mencukupi akibat cuaca. Namun karena Indonesia termasuk negara tropis, masalah ini akan jarang terjadi.

  • Aman dan ramah lingkungan

Pemanas air bertenaga solar juga jauh lebih aman dan ramah lingkungan. Pemanas bertenaga matahari memiliki kemungkinan konsleting yang sangat minim. Bahkan pemanas air tenaga surya juga tidak menghasilkan asap atau jenis polutan berbahaya yang dapat mencemari lingkungan. Berbeda dengan pemanas bertenaga listrik atau gas yang dapat menimbulkan gas CO2 yang mampu menimbulkan keracunan. Bahkan kedua pemanas ini juga sangat rawan dengan konsleting yang cukup membahayakan.

  • Masa pakai lebih lama

Jika dibandingkan dengan pemanas air bertenaga listrik atau gas, pemanas dengan tenaga surya memiliki masa pakai yang jauh lebih lama. Bahkan perbandingan masa pemakaian antara pemanas air tenaga listrik atau gas dengan yang bertenaga surya dapat mencapai 1:2. Artinya, masa pakai pemanas air bertenaga surya dapat dua kali lipat lebih dari pemanas dengan tenaga listrik atau gas.

  • Perawatan lebih mudah

Alasan mengapa pemanas air tenaga solar sangat tepat diaplikasikan di kamar mandi yang selanjutnya adalah perawatnnya yang lebih mudah. Memang pada awal pemasangan pemanas bertenaga surya memang lebih mahal, namun hal ini sangat sebanding dengan kinerjanya.

Melalui sedikit penjelasan di atas, dapat ditarik kecimpulan bahwa banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dengan memasang pamanas air tenaga surya di kamar mandi. Untuk keperluan mencuci atau yang lainnya dapat dilakukan dengan penambahan pipa saluran air dan kran. Sedangkan untuk posisi utama tetaplah di kamar mandi.

Oleh: intisolar.com

WhatsApp chat