Keunggulan dan Kelemahan Kolektor Pemanas Air Tenaga Surya

Keunggulan dan Kelemahan Kolektor Pemanas Air Tenaga Surya

Keunggulan dan Kelemahan Kolektor Pemanas Air Tenaga Surya

Keunggulan pemanas air tenaga surya – memang merupakan jenis pemanas air yang digadang-gadang menjadi yang paling hemat energi. Sistem kerja pemanas air tenaga surya ini ialah dengan memanfaatkan sinar matahari yang diserap oleh kolektor untuk disalurkan ke pipa-pipa air dan akhirnya air yang mengalir sampai ke pengguna telah berada pada suhu panas atau hanta sesuai selera.

Keunggulan dan kelemahan beragam jenis kolektor pemanas air tenaga surya

Pemanas air tenaga matahari dahulu hanya dapat ditemukan di penginapan atau hotel saja. Namun saat ini, sudah banyak rumahan pribadi yang mengaplikasikan pemanas air. Pada cara kerja kolektor pemanas air tenaga matahari terdapat berbagai jenis kolektor dengan keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Berikut adalah penjelasannya:

  • Kolektor plat datar tanpa glasir

Jenis kolektor pemanas air tenaga matahari yang pertama adalah kolektor plat datar tanpa glasir. Kolektor jenis ini tidak mempunyai isolasi dan penutup kaca. Material kaca sangat pas untuk memperoleh suhu air yang tergolong rendah. Kolektor jenis ini umumnya digunakan pada pemanas air untuk kepentingan kolam, budidaya pertanian, hingga keperluan pada pencucian mobil.

Keunggulan dari kolektor plat datar tanpa glasir antara lain membutuhkan biaya pemeliharaan dan operasional yang sangat rendah, biaya pemasangan juga lebih terjangkau, sangat mudah proses instalasinya serta mampu digunakan secara langsung pada air kolam tanpa perlu proses klorinasi.

Akan tetapi, kolektor plat datar tanpa glasir juga memiliki kelemahan antara lain kurang efektif dan efisien, hanya dapat diaplikasikan ketika musim kemarau atau musim panas, dan yang lebih bermasalah adalah tidak mempunyai perlindungan dan terdegradasi setiap waktunya.

  • Kolektor plat datar dengan glasir

Selain kolektor plat datar tanpa glasir, terdapat pula kolektor plat datar dengan glasir yang diaplikasikan pada pemanas air tenaga solar. Kolektor ini memiliki beberapa komponen penting antara lain pipa, isolasi, frame, kaca, aluminium, tembaga, dan lainnya. Kolektor jenis ini banyak diaplikasikan di rumah-rumah pribadi.

Sisi keuntungan penggunaan kolektor ini adalah memerlukan biaya operasional dan pemeliharaan yang sangat terjangkau, mampu diaplikasikan sepanjang tahun tak hanya di musim panas saja, dapat diaplikasikan pada malam hari, dan instalasi dapat bertahan karena dibuat permanen. Sedangkan untuk kelemahannya, kolektor ini tidak dapat bertahan ketika cuaca sedang ektrim dan sangat riskan dengan angin.

  • Kolektor Evacuated-tube

Jenis kolektor solar water heater yang banyak diaplikasikan selanjutnya adalah kolektor evacuated-tube. Kolektor ini memiliki bentuk tabung dengan material kaca tunggal yang dilengkapi dengan pelat sebagai penyerap panas. Tabung kaca pada kolektor ini berfungsi sebagai absorber.

Keuntungan menggunakan kolektor jenis ini adalah mampu menyerap panas dengan sempurna dan maksimal, biaya operasional dan perawatan rendah, instalasi dapat dilakukan secara permanen, serta dapat digunakan sepanjang tahun. Akan tetapi kolektor ini juga memiliki kekurangan antara lain harganya lebih mahal, kurang tahan dengan pengaruh lingkungan, dan fungsi desain sangat terbatas sehingga wajib dipasang vertikal.

Ternyata banyak jenis kolektor dengan keunggulan pemanas air tenaga surya disertai kelemahan masing-masing. Penjelasan di atas dapat dijadikan referensi dan bahan pertimbangan dalam memilih jenis kolektor pemanas yang tepat dan sesuai kebutuhan.

 

Deskripsi: Pemanas air sinar matahari diolah dengan sistem dan jenis kolektor tertentu. Apa saja keunggulan dan kelemahan kolektor pemanas air tenaga surya tersebut?

Tags: keunggulan pemanas air tenaga surya, pemanas air tenaga matahari, pemanas air tenaga solar, solar water heater

 

WhatsApp chat