Artikel, News & Event

Keuntungan dan Kerugian Memasang Pemanas Air Tenaga Surya di Rumah

Keuntungan dan Kerugian Memasang Pemanas Air Tenaga Surya di Rumah

Memasang pemanas air tenaga surya menjadi produk pilihan yang tepat untuk menjawab kebutuhan akan air panas. Dahulu hanya hotel atau penginapan elit yang menyediakan sarana air panas yang dapat dikucurkan langsung dari keran. Namun seiring perkembangan teknologi, kini masyarakat dapat meikmati air panas di rumah. Hal ini terwujud karena kemunculan mesin pemanas air. Jenis pemanas air yang lebih efektif dan sangat recommende untuk digunakan adalah pamasna ri bertenaga surya.

Keuntungan Memasang Pemanas Air Tenaga Surya di Rumah

Pemanas air bertenaga matahari lebih dikenal dengan nama kerennya sebagai solar water heater. Berikut ini adalah daftar keuntungan menggunakan pemanas bertenaga sinar matahari.

  • Hemat energi

Keunggulan pemanas air bertenaga matahari yang paling utama dan pertama adalah hemat energi. Seperti yang diketahui bahwa sinar matahari merupakan sumber daya alam yang terbarukan. Tidak seperti energi listrik dan gas yang jika digunakan secara terus menerus akan habis. Karena pemanas ini memakai sinar matahari untuk sumber energinya, maka biaya bulanan listrik maupun gas tidak akan membengkak.

  • Lebih aman

Pemanas air tenaga matahari juga jauh lebih aman jika dibandingkan dengan pemanas tenaga listrik atau gas. Konsleting pada pemanas ini sangat minim terjadi. Berbeda dengan pemanas yang menggunakan sumber listrik atau gas yang lebih rawan terjadi konsleting. Jika tidak segera diketahui dan diperbaiki, konsleting yang terjadi dapat menyebabkan cidera atau bahkan kematian.

  • Lebih ramah lingkungan

Pemanas air bertenaga solar tidak menghasilkan gas karbondioksida atau polutan negative lainnya. Hal ini dikarenakan sinar matahari merupakan bahan alami yang menjadi suplai tenaganya. Berbeda dengan pemanas air tenaga listrik atau gas yang menghasilkan asap, gas CO2 hingga polutan beracun yang berdampak negative bagi manusia dana lam sekitar.

  • Masa pakainya lama

Masa pakai pemanas air tenaga surya juga lebih lama jika dibandingkan dengan pemanas air tenaga listrik atau gas. Pada umumnya, pemanas ini mampu bertahan 7 hingga 15 tahun. Kuncinya adalah melakukan perawatan dan perbaikan secara rutin.

Kerugian Menggunakan Pemanas Air Tenaga Surya di Rumah

Di samping kelebihan, pemanas air bertenaga surya juga memiliki beberapa kerugian, antara lain:

  • Kualitas suhu sangat tergantung pada cuaca

Seperti yang telah sedikit dijelaskan di atas jadi pemanas air bertenaga surya tentu memakai sinar matahari untuk sumber tenaganya. Maka dari itu, kualitas suhu akan sangat bergantung pada cuaca.

  • Tidak dapat diletakkan di sembarang tempat

Kerugian pemakaian pemanas air tenaga solar yang selanjutnya adalah tak dapat diletakkan di sembarang tempat. Komponen pemanas ini terutama kabel kolektor harus diletakkan di atas atap dan harus terkena sinar matahari langsung tanpa penghalang.

Sudah sewajarnya sebuah produk atau temuan selalu memiliki nilai plus dan minus masing-masing. Seperti halnya keuntungan dan kerugian memasang pemanas air tenaga surya yang dijelaskan di atas. Namun jika ditelaah, keuntungan pemanas ini jaub lebih banyak dibanding kerugiannya. Jadi, pasti semakin banyak diantara Anda yang mempercayakan kebutuhan air panas pada pemanas air bertenaga surya.

Oleh: intisolar.com