News & Event

Keuntungan Menggunakan Solar Water Heater Untuk usaha Homestay

Keuntungan Menggunakan Solar Water Heater Untuk usaha Homestay

Solar water heater merupakan salah satu bukti kemajuan teknologi yang lebih efektif untuk digunakan. Sebelum kemunculan pemanas air tenaga surya ini, lebih dulu masyarakat mengenal pemanas air tenaga listrik. Namun semenjak varian pemanas air bertenaga surya ini muncul, masyarakat cenderung memilihnya untuk berbagai kebutuhan baik untuk rumah pribadi hingga bangunan komersial.

Keuntungan Menggunakan Solar Water Heater

Pemanas air bertenaga surya memang dapat diaplikasikan di berbagai tempat termasuk homestay. Ketersediaan air panas tentu menjadi salah satu faktor yang dapat menarik para calon konsumen untuk menginap. Berikut ini beberapa keuntungan pemanas air tenaga matahari untuk usaha homestay:

  • Lebih tahan lama

Pemanas air bertenaga matahari memberikan penawaran yang sangat menguntungkan yakni memiliki masa pakai yang jauh lebih lama dibandingkan pemanas air lainnya. Hal ini dikarenakan pemanaas air bertenaga surya memiliki instalasi yang lebih sederhana serta komponen yang tidak rumit layaknya pemanas air tenaga listrik yang popular lebih dulu. Homestay merupakan salah satu sektor bisnis yang membutuhkan pemanas air sebagai fasilitas dengan masa pakai yang lama untuk memperhatikan keuntungan yang diperoleh sang pemilik. Nantinya akan ada banyak orang yang menggunakan pemanas air tersebut sehingga perlu memilih unit yang lebih awet atau tahan lama seperti solar water heater.

  • Lebih ekonomis

Memang harga unit dan pemasangan pemanas air tenaga listrik di awal sedikit lebih terjangkau dibanding pemanas air tenaga surya. Namun setelahnya, pemanas air bertenaga surya akan jauh lebih ekonomis. Bagaimana tidak, pemanas air menjadikan sinar matahari sebagai sumber energi utama. Dimana sinar matahari merupakan sumber daya alam yang mudah dan gratis diperoleh. Pengguna pemanas air bertenaga matahari juga tak perlu dipusingkan dengan biaya tagihan listrik bulanan yang bias membengkak setiap waktu. Untuk itu, biaya operasional pemanas air bertenaga surya akan jauh lebih ekonomis dibandingkan pemanas air jenis lainnya.

  • Hemat energi

Sudah sedikit disinggung bahwa pemanas air bertenaga surya menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi utama. Dimana sinar matahari tersedia secara melimpah dan dapat digunakan tanpa biaya. Sinar matahari juga merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Dengan begitu, menggunakannya juga dapat melakukan penghematan energi. Berbeda dengan pemanas air tenaga listrik yakni menggunakan energi listrik yang merupakan sumber daya alam tak dapat diperbarui. Jika digunakan terus menerus maka akan habis dan generasi penerus nantinya akan kesulitan.

  • Ramah lingkungan

Keuntungan menggunakan pemanas air tenaga solar untuk homestay yang selanjutnya adalah lebih ramah lingkungan. Meskipun pemilikan homestay bertujuan sebagai sebuah bisnis atau kepentingan komersial, namun sebaiknya tetaplah menjadi pemilih pemanas air yang cerdas dan sadar akan keamanan lingkungan. Pemanas air bertenaga surya tidak membuat lingkungan tercemar. Hal ini dikarenakan pemanas air tenaga surya tidak menghasilkan berbagai gas yang membahayakan seperti nitrogen oksida, karbondioksida dan lain sebagainya. Berbeda dengan pemanas air bertenaga listrik yang berpotensi menghasilkan itu semua sehingga membuat lingkungan tercemar.

Melalui penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa solar water heater memang tepat diaplikasikan di berbagai jenis kebutuhan dan bangunan. Termasuk pada homestay untuk menyuplai kebutuhan air panas para konsumen.

Oleh: intisolar.com