Keuntungan Solar Water Heater Non Pressure

Keuntungan Solar Water Heater Non Pressure

Keuntungan solar water heater non pressure tak kalah banyak dengan yang mengaplikasikan sistem pressure. Unit pemanas air bertenaga matahari memiliki dua sistem kerja pokok yaitu sistem pressure dan non pressure. Yang akan dibahas mendetail kali ini adalah solar water heater non pressure yang semakin banyak diaplikasikan masyarakat baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan komersial.

Daftar Keuntungan Solar Water Heater Non Pressure

Sebelum membahas lebih jauh mengenai keuntungan solar water non pressure, ada baiknya untuk mentetahui terlebih dahulu pengertian unit ini. pemanas air tenaga surya non pressure merupakan pemanas air yang tidak bertekanan. Banyak orang yang bilang ngapain mengeluarkan uang banyak hanya untuk air panas. Toh pemanas air tenaga listrik atau gas juga sudah bisa menghasilkan air panas namun harganya jau lebih terjangkau.

Memang benar, pemanas air bertenaga matahari memiliki biaya pemasangan yang jauh lebih tinggi. Namun jika ditinjau lebih jauh, harga tersebut sangat sebanding dengan kualitas yang diberikan produk. Terlebih bagi Anda yang mengaplikasikan pemanas air bertenaga surya non pressure atau tanpa tekanan. Terdapat beberapa keuntungan dalam pemakaiannya. Keuntungan tersebut antara lain.

  • Tak perlu tambahan pompa

Sesuai dengan Namanya, solar water heater non pressure tentunya tidak membutuhkan tambahan pompa layaknya pemanas air bertenaga surya dengan takanan atau pressure. Sistem kerja pemanas ini mengandalkan gaya gravitasi bumi sehingga tidak membutuhkan pompa air lagi. Tentu saja hal ini membuat pengguna semakin untung karena dapat menekan biaya tagihan listrik. Pompa air tentu saja membutuhkan arus listrik untuk dapat bekerja.

  • Lebih ekonomis

Pemasangan solar water heater non pressure jauh lebih ekonomis dan hemat jika dibandingkan dengan yang memiliki tekanan atau pressure. Hanya saja untuk mengaplikasikan pemanas yang tak membutuhkan pompa ini, diperlukan toren atau penyimpan air. Lokasi toren juga direkomendasikan harus lebih tinggi dibanding unit pemanas air. Untuk ukuran minimalnya, unit solar water heater sebaiknya diletakkan 3 sampai 4 meter kea rash vertical dari kamar mandi.

  • Hanya butuh pompa pendorong untuk menambah kencang aliran air

Jika aliran air panas dirasa kurang kencang, jangan khawatir karena masalah ini dapat diatasi dengan mengaplikasikan pompa pendorong saja. pompa pandorong biasanya diaplikasikan pada kerana tau shower tempat dimana air panas dikucurkan. Dengan bantuan komponen ini, maka aliran air akan lebih deras dan kencang.

  • Lebih hemat energi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pemanas air bertenaga surya hanya menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi utama. Terlebih bagi pemanas air non pressure, penggunaan energi listrik sangatlah minim. Hal ini karena energi listrik hanya diperlukan pada kolektor listrik yang bekerja ketika suplai sinar matahari kurang. Tidak ada pompa air juga lebih menekan biaya langganan daya listrik atau gas per bulannya.

Setelah menyimak uraian di atas dapat diketahui bahwa keuntungan solar water heater non pressure sangatlah banyak dan efektif. Masing-masing sistem kerja pemanas air tenaga matahari baik pressure maupun non pressure memiliki keunggulannya masing-masing.

Oleh: intisolar.com

WhatsApp chat