Manfaat Air Hangat Dari Pemanas Air Tenaga Solar Saat Haid

Manfaat Air Hangat Dari Pemanas Air Tenaga Solar Saat Haid

Pemanas air tenaga solar merupakan satu dari beberapa jenis pemanas air yang ada saat ini. Kemunculan pemanas air bertenaga matahari terjadi setelah masyarakat mengenal pemanas air tenaga listrik terlebih dahulu. Pemanas bertenaga matahari dinilai lebih hemat, tahan lama dan aman jika dibandingkan dengan pemanas bertenaga listrik. Pemanas air bertenaga solar hanya menggunakan sinar matahari yang dikumpulkan melalui panel kolektor sebagai sumber tenaga utama.

Manfaat mandi air hangat dari pemanas air tenaga solar saat haid

Sebagai seorang wanita remaja sampai dewasa, menstruasi menjadi tamu yang biasanya dating setiap bulannya. Ketika haid, banyak yang mengeluhkan merasa sangat kotor dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Berikut ini terdapat beberapa cara untuk mengatasi rasa tidak nyaman karena merasa kotor salah satunya dengan mandi menggunakan solar water heater:

  • Mandi keramas

Larangan mandi keramas pada saat datang bulan hanyalah mitos. Wanita diperbolehkan untuk mandi keramas pada saat haid. Sebaiknya jangan menghentikan aktivitas keramas pada saat menstruasi. Saat haid, terjadi perubahan beberapa jenis hormon yang salah satunya justru memicu kemunculan keringat termasuk kulit kepala yang semakin berminyak. Apabila dibiarkan selama kurang lebih satu minggu karena larangan tersebut, pastinya rambut dan kulit kepala justru menjadi tidak sehat. Akan muncul ketombe yang merupakan penyebab rambut terasa gatal dan semakin tak nyaman. Untuk itu, saat haid wanita tetap diperbolehkan untuk mandi keramas. Selain dapat tetap menjaga kebersihan dan kesehatan rambut serta kulit kepala, berkeramas juga akan meningkatkan rasa nyaman dan kepercayaan diri.

  • Mandi menggunakan air hangat

Saat haid, wanita juga sangat disarankan untuk mandi dengan air hangat yang berasal dari pemanas air tenaga matahari. Yang terpenting, mandi hangat saat haid tidak dilakukan di bathub melainkan hanya menggunakan gayung atau shower saja agar kotoran dapat langsung terbuang. Air hangat sangat efektif membantu tubuh menjadi rileks. Air hangat juga dapat melenturkan otot yang kaku. Terlebih bagi para wanita yang sering mengeluhkan nyeri saat dating bulan, mandi dengan air hangat sangat disarankan. Suhu yang direkomendasikan saat mandi air hangat adalah 40 derajat Celsius. Dengan begitu, otot akan kembali lentur dan nyeri pun dapat hilang dengan maksimal.

  • Membersihkan daerah kewanitaan

Saat haid, wanita juga harus raji membersihkan daerah kewanitaan. Langkah ini sangat efektif untuk menghalau pertumbuhan bakteri yang dapat memicu alergi. Akan lebih baik jika mencuci area kewanitaan menggunakan air hangat dari pemanas air tenaga surya. Gunakan sabun khusus pembersih miss V yang memiliki kadar Ph sesuai.

Banyak orang yang bilang ketika datang bulan, wanita dilarang mandi keramas karena membuat darah yang keluar akan menjadi semakin deras. Sebenarnya mandi keramas saat haid tidaklah dilarang dan justru disarankan untuk dilakukan secara benar termasuk salah satunya menggunakan air hangat dari pemanas air tenaga solar.

Oleh: intisolar.com

Manfaat Air Hangat Dari Pemanas Air Tenaga Solar Saat Haid

WhatsApp chat