Manfaat Berenang dengan Kolam Air Hangat dari Solar Water Heater

Manfaat Berenang dengan Kolam Air Hangat dari Solar Water Heater

Solar water heater tidak melulu dimanfaatkan untuk memanaskan air di kamar mandi tapi bisa juga dimanfaatkan untuk membuat kolam renang air hangat. Kolam renang air hangat merupakan fasilitas istimewa yang tidak banyak dimiliki oleh rumah. Kebanyakan kolam renang rumahan menggunakan air dingin. Padahal manfaat kolam renang air hangat sangat beragam, tidak hanya baik untuk kulit namun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan badan. Dengan berenang air hangat secara rutin, stress dan keluhan penyakit akan menghilang.

Manfaat Berenang dengan Kolam Air Hangat dari Solar Water Heater

Beberapa orang cenderung lebih suka berenang di malam hari daripada di siang hari, karena udaranya lebih sejuk dan segar. Tapi karena berenang dengan air dingin di malam hari tidak baik untuk kesehatan. Alternatif cara yang bisa dilakukan adalah memanaskan air dengan menggunakan water heater tenaga surya. Berikut ini manfaat berenang air hangat di kolam renang:

1. Merawat Kesehatan Kulit

Berenang dengan air hangat memberikan banyak kebaikan untuk tubuh dan kulit. Air hangat mengangkat minyak berlebih yang ada di permukaan kulit. Air hangat juga efektif untuk mengatasi resiko kulit kering dan pecah-pecah. Berenang air hangat tidak hanya menghangatkan badan juga memperbaiki kondisi kulit yang rusak akibat debu dan kotoran yang diserap kulit saat beraktivitas setiap hari. Untuk semburan air hangat yang berkualitas, selalu gunakan pemanas air tenaga surya.

2. Mengurangi RLS (Restless Legs Syndrome)

Berenang di air hangat tidak sekedar menyehatkan kulit tapi baik juga untuk mengatasi gangguan RLS. Rasa nyeri yang berdenyut di kaki bisa dihilangkan dengan cepat melalui semburan air hangat. Jika tidak ingin berenang, pengguna pemanas air tenaga solar hanya perlu merendam kakinya ke dalam kolam renang. Rendam kaki selama beberapa menit untuk mengurangi sindrom kaki gelisah sekaligus menghilangkan rasa nyerinya.

3. Mengatasi Insomnia

Ketika sudah mengkonsumsi banyak obat tapi tidak juga mengatasi insomnia, mungkin perlu pengobatan lain yang jauh lebih efektif. Berenang di malam hari dengan air hangat bisa menjadi solusi yang tepat. Untuk memanaskan airnya, gunakan pemanas air tenaga matahari yang hemat listrik. Ketika berenang air hangat, peredaran darah menjadi lancar tubuh pun merasa lebih rileks. Akibatnya jadi mudah mengantuk.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Berenang selama beberapa putaran di kolam renang air hangat akan membantu melancarkan peredaran darah. Cara ini efektif jika di beberapa bagian tubuh terdapat memar atau pembengkakan yang diakibatkan oleh radang sendi atau kaku otot.

Menggunakan solar water heater adalah pilihan terbaik, karena pemanas ini tidak hanya memanaskan air di kamar mandi. Water heater tenaga surya bisa digunakan untuk memanaskan kolam renang tanpa membuat tagihan listrik membengkak. Untuk manfaat optimal untuk kulit dan tubuh, berenang sebaiknya dilakukan secara rutin.

Oleh: intisolar.com

Manfaat Berenang dengan Kolam Air Hangat dari Solar Water Heater

WhatsApp chat