Manfaat Mandi Air Panas Dari Solar Water Heater

Manfaat Mandi Air Panas Dari Solar Water Heater

Solar water heater saat ini sudah menjadi pemanas air yang sangat populer dan menjadi pilihan masyarakat kebanyakan. Hal ini dikarenakan pemanas jenis ini lebih hemat energi, mudah digunakan dan minim perawatan. Tidak seperti pemanas air tenaga listrik, solar water heater tidak dibebani tagihan listrik setiap bulannya karena menggunakan sinar matahari sebagai sumber tenaga utama.

Manfaat mandi air panas dari solar water heater

Pemanas air bertenaga matahari memiliki susunan instalasi yang sederhana. Air panas yang dihasilkan pun memiliki banyak sekali manfaat baik. Berikut manfaat mandi air panas dari pemanas air tenaga matahari bagi kesehatan:

  • Melancarkan peredaran darah

Setiap organ membutuhkan peranan sirkulasi peredaran darah supaya dapat bekerja serta berfungsi sebagaimana mestinya. Karena memiliki peranan yang cukup penting dalam kehidupan, peredaran darah haruslah dijaga sirkulasinya supaya selalu lancar dan meningkatkan kesehatan.  Mandi atau berendam dengan air hangat ternyata mampu memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Terlebih peredaran darah yang menuju otak. Seperti yang diketahui bahwa otak merupakan salah satu organ vital dan sangat penting yang akan berpengaruh pada seluruh kinerja organ tubuh.

  • Mencegah dan menghilangkan stres

Aktivitas yang menggunung atau kesibukan kerja dapat memicu seseorang sangat mudah terserang stres. Stres sangat sering menyerang para pekerja yang dikejar-kejar deadline. Dan stres terjadi karena kondisi otot yang tegang serta pikiran yang terlalu banyak. Dengan berendam menggunakan air hangat, tubuh akan terasa lebih tenang, rileks dan otot pun akan meregang dan membuat Anda terbebas dari stres.

  • Menjaga kesehatan jantung

Manfaat mandi atau berendam air hangat yang dihasilkan oleh pemanas air tenaga surya juga dapat menjaga serta meningkatkan kesehatan jantung. Jantung merupakan organ dalam tubuh utama yang sangat penting. Tugas jantung adalah memompa darah menuju seluruh tubuh. Berendam dengan air hangat mampu menetralisir ketegangan yang terjadi pada otot yang dekat dengan jantung. Dengan begitu, kinerjanya akan menjadi lebih maksimal dan tubuh pun menjadi lebih sehat.

  • Mengatasi insomnia

Insomnia merupakan sebuah penyakit sulit tidur di malam hari yang dapat menyerang siapa saja. Sudah sewajarnya manusia beristirahat dan tidur di malam hari untuk mempersiapkan tenaga dalam beraktivitas di siang harinya. Jadi, jika insomnia dibiarkan secara terus menerus akan berdampak negatif pada kesehatan. Mandi dengan air hangat dapat membantu mengatasi keluhan insomnia. Air hangat yang meresap ke tubuh akan membantu merilekskan tubuh sehingga dapat tidur dengan optimal.

  • Membersihkan tubuh lebih optimal

Selanjutnya, mandi dengan air hangat dari pemanas air tenaga solar juga dapat membuat tubuh menjadi semakin bersih. Air hangat akan membantu membuka pori pada kulit. Dengan begitu, seluruh kotoran yang terjebak di dalam pori-pori dapat terangkat atau dibersihkan secara maksimal.

  • Meredakan demam

Bagi yang sedang menderita demam atau suhu badan terlalu tinggi, mandi dengan air hangat dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Siraman air hangat ternyata mampu menurunkan suhu demam tubuh secara efektif dan efisien.

Melalui penjelasan di atas dapat diketahui bahwa mandi dengan air panas terutama yang dihasilkan oleh solar water heater memang sangat baik bagi kesehatan. Tidak heran jika saat ini semakin banyak masyarakat yang berminat mengaplikasikan pemanas jenis ini untuk kebutuhan rumahnya.

Oleh: intisolar.com

Manfaat Mandi Air Panas Dari Solar Water Heater

WhatsApp chat