Manfaat Mandi Air Panas Untuk Pemulihan Cedera Olahraga

Manfaat Mandi Air Panas Untuk Pemulihan Cedera Olahraga

Manfaat Mandi Air Panas Untuk Pemulihan Cedera Olahraga

Manfaat mandi air panas untuk pemulihan cedera olahraga memang benar adanya bagi para penderita cidera yang tidak akut. Bukan hanya dengan mengaplikasikan air panas, namun juga mengkombinasikan dengan air dingin. Jadi, penggunaannya adalah bergantian antara air dingin ke ar oanas. Metode ini sering disebu sebagai recovery shower. Recovery shower sangat dianjurkan oleh para ahli fisioterapi untuk dilakukan. Metode ini merupakan bantuan yang sangat efektif bagi cedera atau inflamasi otot supaya cepat pulih.

Manfaat Mandi Air Panas Untuk Pemulihan Cedera Olahraga

Meskipun metode recovery shower merupakan langkah yang sangat direkomendasikan oleh para ahli sebagai cara pemulihan cedera yang baik. Namun masyarakat sebaiknya tetap berkonsultasi terlebih dahulu pada ahli fisioterapi. Perlu diketahui bahwa air panas memang sangat baik dipergunakan untuk mandi. Air panas mampu membuat tubuh kembali fresh serta lebih rileks. Itulah mengapa semakin banyak masyarakat yang mengaplikasikan mesin pemanas air tenaga surya. Pemanas air tenaga matahari atau surya meruoakan opemanas air yang dinilai paling efekif. Hal ini dikarenakan pemanas ini sangat hemat energi. Ebergi utamnya adalah sinar matahari yang merupakan sumber daya alam dapat diperbarui. Berbeda dengan pemanas air tenaga listrik atau gas yang menggunakan sumber daya alam tidak dapat diperbarui sebagai sumber senergi utama.

Kembali ke penjelasan mengenai recovery shower yang dapat dilakukan sebagai langkah pemulihan yang sangat efektif. Konsep utama proses penyembuhan dengan metode ini adalah menggunakan air dengan suhu yang berubah-ubah dari panas ke dingin. Jadi, pertama orang yang mengalami cedera tersebut diharuskan mandi dengan air paas yang diasilkan oleh pemanas air tenaga matahari. kemudian, dilanjutkan dnegan menggunakan air dingin. Metode ini sangat baik dalam prosesmenstimulasi dan melancarkan sirkulasi darah dalam proses pemulihan otot.

Namun keefektifan cara kerja metode recovery shower akan sangat tergantung pada diri masing-masing orang yang menjalankannya. Masing-masing tubuh memberikan reaksi yang berbeda-beda terhadap sebuah terapi termasuk recovery shower. Untuk itu, recovery shower sebaiknya dilakukan bagi cedera yang tidak akut. Namun metode recovery shower juga dapat dilakukan tanpa adanya cedera. Metode ini mampu memaksimalkan proses pemulihan serta mampu menjaga mobilitas tubuh dan menghalau kekakuan.

Recovery shower juga dapat dilakukan dengan konsep dari dingin ke panas. Langkah ini dapat dilakukan tepat pasca olahraga. Proses olahraga dapat memunculkan inflamasi pada beberapa bagian tubuh seperti otot hingga tulang. Untuk itu, segera kucurkan atau berendam pada air dingin untuk mengurangi inflamasi otot tersebut. Sesaat setelahnya, barulah ganti air dengan air panas dari solar water heater yang digunakan untuk berendam atau dikucurkan dari shower.

Cara kerja secara sederhanya dapat dijelaskan bahwa air dingin mampu menurunkan aliran darah sehingga mampu meminimalisir inflamasi. Penurunan inflamasi ini tentu mampu mengurangi nyeri dan kaku pada otot serta persendian. Kemudian peralihan ke air panas menyempurnakan prosesnya. Yakni dengan memaksimalkan pemulihan otot dan persendian lalu membuang semua sel inflamasi, jaringan tisu yang rusak dan sel mati. Dengan begitu, kesehatan tulang pun dapat lebih diperbaiki dan dimaksimalkan. Perpindahan air dari dingin ke panas jug sangat efektif dalam membantu meringankan kekauan. Bahkan orang yang sulit berjalan sehabis olahraga berat pun dapat teratasi dengan metode ini. Metode recovery shower juga mampu memaksimalkan mobilitas struktur tubuh sehingga mampu mengatasi cedera kronis dan subakut.

Ternyata banyak manfaat mandi air panas untuk pulihkan cedera olahraga. Salah satunya ialah seperti yang dijelaskan di atas yakni dengan mengkombinasikan dengan air dingin yang disebut sebagai recovery shower. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat!

oleh: intisolar.com

WhatsApp chat