Manfaat Mencuci Pakaian Dengan Air Panas dari Solar Water Heater

Manfaat Mencuci Pakaian Dengan Air Panas dari Solar Water Heater

Solar water heater saat ini semakin banyak diaplikasikan untuk menyuplai kebutuhan air panas di berbagai area mulai dari perumahan pribadi, hotel, rumah sakit, apartemen dan masih banyak gedung komersial lainnya. Konsistensi pemanas air bertenaga surya nampaknya telah secara signifikan berada di tempat yang lebih unggul dibandingkan pemanas air bertenaga listrik yang merupakan pendahulunya. Hal ini dikarenakan pemanas bertenaga matahari jauh lebih hemat energi, hemat biaya dan lebih aman.

Manfaat mencuci pakaian dengan air panas dari solar water heater

Mencuci pakaian merupakan salah satu aktivitas sehari-hari yang umumnya dilakukan di rumah. Pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Dengan kata lain, sudah sewajarnya jika masing-masing anggota keluarga di rumah membutuhkan beberapa pakaian dalam sehari. Dan pakaian yang sudah kotor tentunya perlu dicuci untuk dipakai lagi di hari lain.

Biasanya proses mencuci baju hanya dilakukan dengan air dingin atau air biasa saja. Dan air hangat yang berasal dari pemanas air tenaga matahari umumnya hanya digunakan untuk mandi atau berendam. Padahal, mencuci pakaian akan jauh lebih efektif jika dilakukan dengan air panas. Berikut daftar manfaat mencuci pakaian dengan air panas yang dapat diperoleh:

  • Membuat pakaian jadi lebih awet

Perlu diketahui bahwa mencuci pakaian dengan air panas ternyata mampu secara efektif menjaga kualitas serat kain. Dengan begitu, pakaian yang dicuci menjadi jauh lebih awet. Namun perlu diperhatikan suhu air panas yang digunakan untuk mencuci janganlah terlalu panas. Suhu air yang terlalu panas justru dapat merusak serat kain yang membuat warna menjadi lebih mudah pudar atau bahkan membuat kainnya menjadi cepat robek karena menipis. Suhu air panas yang paling tepat digunakan untuk mencuci pakaian adalah 40 derajat Celsius. Itulah mengapa penggunaan pemanas air tenaga surya sangat direkomendasikan karena mudah dalam pengaturan suhunya.

  • Membuat pakaian jauh lebih bersih

Mencuci dengan air panas bersuhu 40 derajat juga mampu membuat pakaian menjadi jauh lebih bersih. Pakaian yang digunakan tentu saja dapat terkena berbagai macam bakteri yang hadir melalui keringat ataupun polusi udara dan lain sebagainya. Bakteri yang menempel pada baju tentu saja tidak terlihat. Namun data menimbulkan beberapa indikasi seperti muncul bercak noda atau bau tak sedap pada pakaian. Ternyata merendam dahulu pakaian dalam air bersuhu 40 derajat akan membuat bakteri yang menempel pada pakaian dapat terbasmi dengan maksimal. Setelah direndam dalam air panas tersebut, barulah diberi sabun atau detergen dan dilakukan pembilasan sampai bersih.

  • Bakteri tidak mengontaminasi pakaian lainnya

Penggunaan air panas dari pemanas air tenaga solar juga mampu mencegah kontaminasi bakteri yang terjadi dari satu pakaian ke pakaian lainnya. Terlebih pada pakaian dalam yang lebih sensitif terkena tularan bakteri dari jenis pakaian lainnya.

Setelah mengetahui manfaat yang dapat dirasakan dalam mencuci pakaian menggunakan air panas di atas, tentu akan semakin banyak masyarakat yang hendak memasang solar water heater untuk kebutuhan air panas di rumah. Jadi, jangan hanya gunakan air panas untuk mandi namun untuk keperluan lainnya yang bermanfaat pula.

Oleh: intisolar.com

Manfaat Mencuci Pakaian dengan Air Panas dari Solar Water Heater

WhatsApp chat