Manfaat Pemanas Air Tenaga Matahari Untuk Redakan Depresi

Manfaat Pemanas Air Tenaga Matahari Untuk Redakan Depresi

Pemanas air tenaga matahari kini dijadikan terapi penghilang depresi bagi beberapa orang. Karena berdasarkan pada penelitian di Universitas Freiburg di Jerman diklaim jika mandi air hangat dua kali selama sepekan baik untuk menurunkan gejala stress dan depresi. Cara ini diyakini lebih mudah dan menyenangkan daripada minum obat atau berkonsultasi dengan psikiater. Sayangnya tidak semua orang memiliki fasilitas air panas di rumahnya, maka dari itu hendaknya mulailah berencana untuk memasang pemanas air tenaga solar di rumah.

Manfaat Pemanas Air Tenaga Matahari Untuk Redakan Depresi

Studi yang dilakukan di Universitas Freiburg di Jerman bukan sembarang studi. Mereka meneliti sekelompok orang yang memiliki riwayat depresi dengan terapi mandi air hangat selama 30 menit dan melihat perubahan yang terjadi. Selengkapnya tentang manfaat mandi air hangat untuk turunkan resiko depresi simak di bawah ini:

1. Melepaskan Endorphin

Sudah jadi rahasia umum jika mandi dengan air hangat akan melepaskan hormon endorphin dari dalam tubuh. Hormon ini juga dikenal baik sebagai hormon kebahagiaan yang berbanding terbalik dengan kondisi pasien yang tengah depresi. Saat hormon endorphin dilepaskan terus menerus dari dalam tubuh sama artinya tubuh sedang berusaha untuk menenangkan diri. Bila berendam menggunakan pemanas air tenaga surya dilakukan secara teratur tubuh akan melepaskan lebih banyak hormon kebahagiaan yang efektif meredakan depresi.

2. Membuat Pikiran dan Tubuh Menjadi Lebih Rileks

Manfaat lainnya berendam memakai air hangat baik pasien depresi adalah menenangkan pikiran dan tubuh. Mereka yang memiliki riwayat depresi kronis umumnya tidak bisa duduk diam dengan tenang dan nyaman. Tubuhnya selalu bergerak dan berkeringat. Namun dengan berendam air hangat, pikiran dan tubuh menjadi lebih tenang. Apalagi jika berendam air hangat dilakukan dengan tambahan minyak aromaterapi yang berkhasiat untuk menenangkan pikiran. Selain berendam, pasien juga bisa mandi dengan air hangat. Titik-titik air dengan intensitas yang deras di atas kepala bisa menghilangkan sakit kepala dan pusing.

3. Cepat Mengantuk

Ketika tubuh menerima semburan hangat yang dikeluarkan oleh solar water heater tubuh menjadi lebih nyaman dan rileks akibatnya akan mudah mengantuk. Salah satu gejala depresi yang banyak dialami orang adalah insomnia. Namun dengan mandi atau berendam air hangat kualitas tidur bisa diperbaiki. Dari yang awalnya hanya bisa tidur 2-3 jam saja, kini bisa tidur selama 8 jam setiap hari. Tentunya ini merupakan kemajuan yang sangat pesat untuk mengatasi depresi dan insomnia tanpa perlu konsumsi obat yang membuat ketergantungan.

Bagi yang mengalami gangguan depresi atau gangguan psikologis lainnya selain berobat ke psikiater, bisa juga dibantu dengan mandi atau berendam air hangat. Produk yang tepat untuk digunakan adalah pemanas air tenaga matahari yang dikenal mampu meningkatkan suhu air dengan sangat cepat.

Oleh: intisolar.com

Manfaat Pemanas Air Tenaga Matahari untuk Redakan Depresi

WhatsApp chat